Connect with us

Muslim

Bacaan Niat Shalat Ied Idul Fitri, Arab, Latin dan Artinya

Published

on

Sholat Idul Fitri

Niat Sholat Ied – Bulan penuh berkah dan bulan penuh ampunan Ramadhan telah meninggalkan kita. Rasanya baru kemarin saja awal Ramadhan kita sambut dengan suka cita. Sebagai umat muslim, saat ini kita patut menyambut hari raya Idul Fitri dengan bahagia, karena ini merupakan hari kemenangan bagi seluruh umat islam di seluruh dunia.

*Pilihan redaksi: Bacaan Niat Shalat Ied Idul Adha dan Tata Caranya

Pada tahun 2018 kali ini, kemungkinan besar shalat ied (baca: Sholat Id) akan serentak dilakukan di Indonesia. Muhammadiyah telah menetapkan bahwa tanggal 1 Syawal 1439 H jatuh pada hari Jumat tanggal 15 Juni 2018. Sedangkan NU, pemerintah (dalam hal ini kementerian Agama), serta ormas yang lainnya masih menunggu hasil sidang isbat yang akan dilaksanakan pada hari Kamis 14 Juni 2018.

Bagaimana sih tata cara melaksanakan sholat ied? Apa saja bacaan yang dibaca setelah takbir pada rokaat pertama sebanyak 7 kali dan rokaat kedua sebanyak 5 kali? Bagaimana bacaan niat sholat idul fitri bagi imam dan makmum? Pertanyaan seperti itu pasti ada di kepala sebagian pengunjung setia Batumedia.com

Untuk itu, pada kesempatan kali ini Batu Media akan berbagi hal seputar hari raya Idul Fitri. Termasuk akan berbagi sedikit tentang kumpulan kata-kata menyambut idul fitri dan gambar seputar idul fitri yang bisa digunakan sebagai dp bbm. Yuk kita simak dibawah ini:

Sholat Id di Pelabuhan

Sholat Ied pada hari raya Idul Fitri dilaksanakan pada pagi hari setelah terbit fajar di ufuk timur. Jam berapakah shalat id dilaksanakan? Di waktu Indonesia bagian barat, terutama di Pulau Jawa, biasanya sholat ied dilaksanakan pada pukul 06.30 – 08.00 WIB, hal ini tergantung wilayah masing-masing karena setiap kota memiliki waktu dengan selisih yang cukup sedikit.

Dadalala

Mengingat banyaknya jamaah, sholat pada hari raya Idul Fitri biasa dilakukan di lapangan. Hal ini dilakukan jika pada masjid pada daerah tertentu yang tidak mampu menampung banyaknya jamaah yang hadir.

Keuntungan melakukan sholat ied di lapangan adalah bagi wanita yang sedang berhalangan (baca: menstruasi) masih bisa ikut datang untuk mendengarkan khutbah yang disampaikan oleh khotib. Namun tetap tidak diperkenankan untuk melaksanakan sholat, karena masih memiliki hadast besar.

Tata Cara Sholat Id Idul Fitri

Sholat Idul Fitri hukumnya adalah sunnah muakad, arti dari sunnah muakad adalah jika dikerjakan akan mendapatkan pahala dan apabila ditinggalkan tidak mendapat dosa. Satu hal yang patut dicatat adalah, walaupun bersifat sunah namun sangat penting sehingga sangat dianjurkan untuk tidak meninggalkannya.

Sholat Id di Jalan
Syarat, rukun dan sunahnya sama seperti salat pada umumnya, hanya ditambah beberapa sunah saja seperti sebagai berikut:
  • Dikerjakan secara berjamaah
  • Takbir tujuh kali pada rakaat pertama, dan lima kali pada rakat kedua
  • Mengangkat tangan setinggi bahu pada setiap takbir.
  • Setelah takbir yang kedua sampai takbir yang terakhir membaca tasbih. (lihat bacaannya dibawah)
  • Membaca surat Qaf dirakaat pertama dan surat Al Qomar di rakaat kedua. Atau surat A’la dirakat pertama dan surat Al Ghasiyah pada rakaat kedua.
  • Imam dianjurkan untuk menyaringkan bacaannya.
  • Khutbah dua kali setelah salat sebagaimana khutbah jum’at
  • Pada khutbah Idul Fitri ada baiknya jika memaparkan tentang zakat fitrah dan pada Idul Adha tentang hukum – hukum Qurban.
  • Mandi, berhias, memakai pakaian sebaik-baiknya, dalam artian bersih dan suci.
  • Makan terlebih dahulu sebelum berangkat ke tempat tujuan untuk melakukan salat Idul Fitri. Pun begitu sebaliknya pada Salat Idul Adha.
Jika Anda melakukan shalat ied di masjid, dianjurkan setelah tiba di masjid dan sebelum duduk, untuk melakukan shalat tahiyatul masjid sebanyak dua rakaat. Namun jika sholat id dikerjakan ditanah lapangan maka tidak perlu melakukan sholat tahiyatul masjid, hanya duduklah dengan ikut mengulang-ulang bacaan takbir, sampai dengan dimulainya shalat Id.
Sholat ied dikerjakan dalam dua rakaat. Dikutip dari Almanhaj, jumlah raka’at shalat Ied ada dua berdasaran riwayat Umar radhiyallahu ‘anhu.
صَلاَةُ السَّفَرِ رَكْعَتَانِ، وَصَلاَةُ الأَضْحَى رَكْعَتَانِ، وَصَلاَةُ الْفِطْرِ رَكْعَتَانِ، تَمَامٌ غَيْرُ قَصْرِ عَلَى لِسَانِ مُحَمَّدِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم 
“Artinya : Shalat safar itu ada dua raka’at, shalat Idul Adha dua raka’at dan shalat Idul Fithri dua raka’at. dikerjakan dengan sempurna tanpa qashar berdasarkan sabda Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam” [Dikeluarkan oleh Ahmad 1/370, An-Nasa’i 3/183, At-Thahawi dalam Syarhu Ma’anil Al Atsar 1/421 dan Al-Baihaqi 3/200 dan sanadnya Shahih]
Rakaat pertama, seperti halnya semua shalat, dimulai dengan takbiratul ihram, selanjutnya bertakbir sebanyak tujuh kali. Sedangkan pada rakaat kedua bertakbir sebanyak lima kali, tidak termasuk takbir intiqal (takbir perpindahan dari satu gerakan ke gerakan lain)
Dari Aisyah Radhiyallahu ‘anha, ia berkata :
أَنَّ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم كَانَ يُكَبِّرُ فِي الْفِطْرِ وَالأَضْحَى : فِي الأُولَى سَبْعً تَكْبِيرَانِ، وَفِي الثَانِيَةِ خَمْسًاسِوَى تَكْبِيْرَتَيْ الرُّكُوْعِ
“Artinya : Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bertakbir dalam shalat Idul Fithri dan Idul Adha, pada rakaat pertama sebanyak tujuh kali dan rakaat kedua lima kali, selain dua takbir ruku”

Bacaan Niat Shalat Idul Fitri

Bagi yang lupa atau belum tahu tentang bagaimana sih bacaan niat shalat id kali ini? Batumedia.com akan berbagi bacaan niat shalat id berikut dengan lafadz bahasa Arab, bahasa Indonesia beserta artinya. Langsung saja ya, sebagai imam shalat maka diwajibkan untuk membaca niat seperti ini:

Tulisan Arab Niat Sholat Idul Fitri (Imam)

اُصَلِّى سُنَّةً لِعِيْدِ الفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Tulisan Latin:
“Ushalli sunnatal li’iidil fitri rak’ataini imamam lillahita’aalaa”

Artinya dalam Bahasa Indonesia:
“Aku niat shalat idul fitri dua rakaat imam karena Allah Ta’ala”

Tulisan Arab Niat Sholat Idul Fitri (Makmum)

اُصَلِّى سُنَّةً لِعِيْدِ الفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Tulisan Latin:
“Ushalli sunnatal li’iidil fitri rak’ataini makmumam lillahita’aalaa”

Artinya dalam Bahasa Indonesia:
“Aku niat shalat idul fitri dua rakaat makmum karena Allah Ta’ala”

Setelah membaca niat shalat ied, selanjutnya kita melakukan takbir sebanyak tujuh kali pada rakaat pertama, nah pada masing-masing setelah takbir disunnahkan untuk membaca tasbih. Bagaimana bacaan tasbih yang dianjurkan? bisa lihat tulisan tasbih berbahasa arab dibawah ini.

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ

Tulisan Latin:
“Subbahanllah Walhamdulillah Walaila Haillallah Wallahu Akbar”

Usai takbir ketujuh dan membaca tasbih, kita dianjurkan untuk membaca doa iftitah, sedangkan imam bisa membaca doa iftitah dan surat Al-fatihah dengan dilanjutkan membaca surat Qaf. Sedangkan pada rakaat kedua, setelah imam membaca surat Al-fatihah dianjurkan untuk membaca surat Al Qomar.

Mungkin itu yang bisa dibagikan oleh Batumedia.com pada kesempatan kali ini. Mari kita kumandangkan takbir bersama-sama demi menyambut hari kemenangan yang berbahagia ini. Bagi yang belum lupa atau belum tahu bacaan takbir (takbiran) bisa melihat dibawah ini ya:

Bacaan Takbiran

Takbir pada umumnya:

لله اكبر- الله اكبر- الله اكبر لااله الاالله والله اكبرالله اكبر ولله الحمد

Allahu akbar.. Allahu akbar.. Allahu akbar..
Laa – ilaaha – illallaahu wallaahu akbar.
Allaahu akbar walillaahil – hamd

Artinya : Allah maha besar (3X) , Tiada Tuhan selain Allah
Allah maha besar, Allah maha besar dan segala puji bagi Allah

Takbir yang lebih lengkap atau sempurna:

 
اَللَّهُ اَكْبَرْ اَللَّهُ اَكْبَر اَللَّهُ اَكْبَرْ ـ لآاِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ ـ اَللَّهُ اَكْبَرْ اَللَّهُ اَكْبَرْ وَلِلَهِ الْحَمْدُ
اَللَّهُ اَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلاً ـ لآ اِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ وَلاَنَعْبُدُ اَلاَّ اِيَّاهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْكَرِهَ الْكَافِرُوْنَ لآاِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْـدَهُ وَنَصَرَعَبِدَهُ وَاَعَزَّ جُنْدَهُ وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ لآ اِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ . اَللَّهُ اَكْبَرْ اَللَّهُ اَكْبَرْ وَلِلَهِ الْحَمْدُ

Tulisan takbiran berbahasa latin:

Allahu akbar.. Allahu akbar.. Allahu akbar..
Laa – ilaaha – illallaahu wallaahu akbar.
Allaahu akbar walillaahil – hamd.

Allahu akbar.. Allahu akbar.. Allahu akbar…..
Allaahu akbar kabiiraa walhamdulillaahi katsiiraa,…
wasubhaanallaahi bukrataw – wa ashillaa.

Laa – ilaaha illallallahu walaa na’budu illaa iyyaahu
Mukhlishiina lahuddiin
Walau karihal – kaafiruun
Walau karihal munafiqun
Walau karihal musyriku

Laa – ilaaha – illallaahu wahdah, shadaqa wa’dah, wanashara ‘abdah, – wa – a’azza – jundah, wahazamal – ahzaaba wahdah.

Laa – ilaaha illallaahu wallaahu akbar.
Allaahu akbar walillaahil – hamd.

Artinya bacaan takbiran:

Allah Mahabesar, Allah Mahabesar, Allah Mahabesar.
Tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Allah dan Allah Mahabesar.
Allah Mahabesar dan segala puji hanya bagi Allah

Allah Mahabesar, Allah Mahabesar, Allah Mahabesar
Allah maha besar dengan segala kebesaran,
Segala puji bagi Allah sebanyak-banyaknya,
Dan maha suci Allah sepanjang pagi dan sore.
Tiada Tuhan selain Allah dan kami tidak menyembah selain kepada-Nya dengan memurnikan agama Islam meskipun orang kafir, munafiq dan musyrik membencinya.

Tiada Tuhan selain Allah dengan ke Esaan-Nya. Dia menepati janji, menolong hamba dan memuliakan bala tentara-Nya serta melarikan musuh dengan ke Esaan-Nya.
Tiada Tuhan selain Allah, Allah maha besar. Allah maha besar dan segala puji bagi Allah.

Bantu share yuk, agar saudara dan sahabat-sahabat kita muslim semuanya tahu! Mohon maaf lahir batin ya ^_^

Muslim

Bacaan Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah 2018

Published

on

Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah – Bulan Dzulhijjah kembali menyapa kita di tahun 2018. Salah satu bulan paling bersejarah bagi umat muslim diseluruh dunia. Di bulan haji ini kita dianjurkan untuk menjalankan ibadah Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah.

Puasa Tarwiyah dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah, sedangkan Puasa Arafah dapat dijalankan pada tanggal 9 Dzulhijjah. Pada tahun 2018, tanggal 8 Dzulhijjah bertepatan pada hari Senin tanggal 20 Agustus 2018, sedangkan 9 Dzulhijjah jatuh pada hari Selasa tanggal 21 Agustus 2018.

Setelah melaksanakan ibadah sunnah di bulan Dzulhijjah berupa puasa, kita dianjurkan untuk melaksanakan sholat Idul Adha pada tanggal 10 Dzulhijjah atau bertepatan dengan para jamaah haji melakukan Wukuf di Padang Arafah.

Puasa Arafah dan Tarwiyah sangat dianjurkan bagi yang tidak menjalankan ibadah haji di tanah suci. Adapun teknis pelaksanaannya mirip dengan puasa yang lainnya seperti Puasa Ramadhan, Puasa Sya’ban maupun Puasa Rajab.

Puasa Arafah : Batumedia.com

Bagi yang belum tahu, atau mungkin lupa bagaimana bacaan niat untuk menjalankan ibadah puasa Tarwiyah dan Arafah, berikut adalah lafadz bahasa Arab, Latin dan terjemahannya kedalam bahasa Indonesia untuk memudahkan Anda ketika mengucapkan niat didalam hati.

Lafadz Niat Puasa Tarwiyah

نويت صوم ترويه سنة لله تعالى 

Bahasa Latin: Nawaitu shauma tarwiyah, sunnatal lillahi ta’ala
Terjemahan: “Saya niat puasa tarwiyah, sunnah karena Allah ta’ala”

Dadalala

Lafadz Niat Puasa Arafah

نويت صوم عرفة سنة لله تعالى

Bahasa Latin: Nawaitu shauma arafah, sunnatal lillahi ta’ala
Terjemahan: “Saya niat puasa Arafah, sunnah karena Allah ta’ala”

Puasa Arafah dan tarwiyah sangat dianjurkan untuk turut merasakan nikmat yang sedang dirasakan oleh para jemaah haji sedang menjalankan ibadah di tanah suci. Hari-hari pada sepersepuluh bulan Dzulhijjah adalah hari-hari yang istimewa. Abnu Abbas r.a meriwayatkan Rasulullah s.a.w bersabda:

ما من أيام العمل الصالح فيها أحب إلى الله من هذه الأيام يعني أيام العشر قالوا: يا رسول الله! ولا الجهاد في سبيل الله؟ قال: ولا الجهاد في سبيل الله إلا رجل خرج بنفسه وماله فلم يرجع من ذلك شيء

Tidak ada perbuatan yang lebih disukai oleh Allah SWT, dari pada perbuatan baik yang dilakukan pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah. Para sahabat bertanya : Ya Rasulullah! walaupun jihad di jalan Allah? Sabda Rasulullah: Walau jihad pada jalan Allah kecuali seorang lelaki yang keluar dengan dirinya dan harta bendanya, kemudian tidak kembali selama-lamanya (menjadi syahid). (HR Bukhari)

Keutamaan Bulan Dzulhijjah

Keutamaan Puasa Bulan Dzulhijjah

Keutamaan Puasa Tarwiyah
Puasa Tarwiyah dilaksanakan pada hari Tarwiyah yakni pada tanggal 8 Dzulhijjah. Ini didasarkan pada satu redaksi hadits yang artinya bahwa Puasa pada hari Tarwiyah menghapuskan dosa satu tahun, dan puasa pada hari Arafah menghapuskan (dosa) dua tahun.

Sebuah artikel sederhana karya Dr Abdurrahman bin Shalih bin Muhammad al-Ghafili yang berjudul Hukm Shiyam Asyr Dzilhijjah, berusaha memaparkan hukum puasa yang sering disebut dengan Hari Tarwiyah tersebut.

Ia menjelaskan topik ini merupakan bahasan klasik yang telah banyak dikupas dalam deretan kitab hadis ataupun ulama-ulama terdahulu. Para ulama sepakat, Puasa Tarwiyah hukumnya sunah. Bahkan, sangat dianjurkan berpuasa sejak hari pertama Dzulhijjah hingga Hari Arafah, tepatnya 9 Dzulhijjah.

Dalam kitab Minah al-Jalil Syarh ‘Ala Mukhtashar al-Khalil yang bermazhab Maliki disebutkan hukum berpuasa selama sembilan hari pertama Dzulhijjah hukumnya sunah, istilah puasa tersebut dikenal dengan sebutan asyr Dzilhijjah.

Keutamaan Puasa Arafah
Puasa Arafah adalah puasa sunnah yang dilaksanakan pada hari Arafah yakni pada saat diberlangsungkannya wukuf di tanah Arafah tanggal 9 Dzulhijah oleh para jamaah haji. Wukuf di Arafah bisa dikatakan sebagai inti dari pada pelaksanaan ibadah haji. Karena itu puasa Arafah ini sangat dianjurkan bagi orang-orang yang tidak menjalankan ibadah haji.

Ibnu Muflih dalam Al Furu’ -yang merupakan kitab Hanabilah- (3: 108) mengatakan, “Disunnahkan melaksanakan puasa pada 10 hari pertama Dzulhijjah, lebih-lebih lagi puasa pada hari kesembilan, yaitu hari Arafah. Demikian disepakati oleh para ulama.”

Adapun orang yang berhaji tidak disunnahkan untuk melaksanakan puasa Arafah.

عَنْ أُمِّ الْفَضْلِ بِنْتِ الْحَارِثِ أَنَّ نَاسًا تَمَارَوْا عِنْدَهَا يَوْمَ عَرَفَةَ فِي صَوْمِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ بَعْضُهُمْ هُوَ صَائِمٌ وَقَالَ بَعْضُهُمْ لَيْسَ بِصَائِمٍ فَأَرْسَلَتْ إِلَيْهِ بِقَدَحِ لَبَنٍ وَهُوَ وَاقِفٌ عَلَى بَعِيرِهِ فَشَرِبَهُ

“Dari Ummul Fadhl binti Al Harits, bahwa orang-orang berbantahan di dekatnya pada hari Arafah tentang puasa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebagian mereka mengatakan, ‘Beliau berpuasa.’ Sebagian lainnya mengatakan, ‘Beliau tidak berpuasa.’ Maka Ummul Fadhl mengirimkan semangkok susu kepada beliau, ketika beliau sedang berhenti di atas unta beliau, maka beliau meminumnya.” (HR. Bukhari no. 1988 dan Muslim no. 1123).

Para Ulama mengatakan bahwasanya paling mulianya hari dalam satu tahun adalah 10 hari pertama dari bulan Dzulhijjah dan paling mulianya malam dalam satu tahun adalah 10 malam terakhir dari bulan Ramadhan.

Amalan di Bulan Dzulhijjah

Adapun amalan-amalan shaleh yang sangat di anjurkan oleh ulama untuk kita kerjakan pada 10 hari pertama pada bulan Dzulhijjah sangat banyak sekali di antaranya adalah shalat, puasa terutama puasa Tarwiyah dan Arafah serta banyak dzikir kepada Allah SWT.

Ulama mengatakan, “Barangsiapa memuliakan atau menghidupkan 10 hari pertama dari bulan Dzulhijjah dengan amalan-amalan ibadah maka Allah Ta’ala akan memberinya 10 keistimewaan, yaitu:

  • Allah memberikan berkah pada umurnya
  • Allah menambah rizqinya
  • Allah menjaga diri dan keluarganya
  • Allah mengampuni dosa-dosanya
  • Allah melipatgandakan pahalanya
  • Di mudahkan keluarnya nyawa ketika dalam keadaan sakaratul maut
  • Allah menerangi kehidupannya
  • Di beratkan timbangan kebajikannya
  • Terselamatkan dari semua kesusahannya
  • Di tinggikan derajatnya di sisi Allah Ta’ala

Tidak disangsikan lagi bahwa puasa adalah jenis amalan yang paling utama, dan yang dipilih Allah untuk diri-Nya. Disebutkan dalam hadist Qudsi: Puasa ini adalah untuk-Ku, dan Aku-lah yang akan membalasnya. Sungguh dia telah meninggalkan syahwat, makanan dan minumannya semata-mata karena Aku.

Mau puasa kita lancar? yuk lihat juga dibawah ini:

  1. Cara Agar Bisa Bangun Pagi Untuk Makan Sahur
  2. Makanan Sehat Berbuka Puasa, Awas Salah Pilih
  3. Cara Agar Puasa Lancar, Konsumsi Makanan Sehat Ini
  4. Doa Berbuka Puasa Bahasa Arab dan Terjemahannya
  5. Ini Bacaan Takbiran di Hari Raya Idul Adha yang Benar
  6. Wajib Tahu, Bacaan Niat Shalat Ied Idul Adha dan Tata Caranya
  7. NEW! DP BBM Idul Adha, Silahkan di Download, Gratis
Continue Reading

Muslim

Doa Qunut : Lafadz Arab, Latin dan Artinya

Published

on

Doa Qunut

Bacaan Doa Qunut – Salat lima waktu tentu menjadi bagian yang tak dapat dipisahkan dari ibadah harian umat Muslim kan? Untuk ini, Anda tentu juga mengenal doa Qunut kan? Yups, doa Qunut adalah doa yang dibaca pada iktidal rakaat kedua ketika solat subuh sebelum sujud. Selain itu doa Qunut juga biasa dibaca pada rakaat terakhir ketika kita mengerjakan sholat witir seusai sholat tarawih pada bulan Ramadhan.

Hukum membaca doa Qunut sendiri bisa saja berbeda sesuai dengan Mazhab yang dianut masing-masing pemeluk Islam. Dalam Mazhab Syafii dan Maliki, doa Qunut  termasuk Sunnah Muaakat yang mana jika ditinggalkan tidak akan membatalkan salat Subuh. Sementara itu, Mazhab Hanafi tidak menyunnahkan Qunut dalam solat Subut dan Mazhab Hambali menyunatkan doa Qunut khusus pada pemimpin salat (imam).

Beberapa berpendapat bahwa doa Qunut adalah sunnah mengambil dasar dari beberapa riwayat, yakni “Rasullulah SAW tidak henti membaca Qunut dalam salat Fajar hingga beliau meninggal dunia” (Musnad Ahmad bin Hanbal).

Namun demikian beberapa hadist juga menyatakan Rasullullah SAW tidak membaca Qunut dalam salat subuh, namun keberadaan hadist tersebut tidak menghilangkan hukum sunnah Qunut apalagi mengharamkannya.

Nah, bagi Anda yang ingin tahu bagaimana sih ayat demi ayat bacaan doa Qunut yang benar? Berikut adalah lafaz Arab doa Qunut, berikut dengan bacaan menggunakan bahasa latin dan terjemahan menggunakan bahasa Indonesia.

Lafadz Arab Doa Qunut

Doa Qunut

Dadalala

Lafaz latin doa Qunut:

Allahummahdiniy fiiman hadait. Wa ‘aafiniy fiiman ‘aafait. Wa tawallaniy fiiman tawallait. Wa baarikliy fiima a’thoita. Wa qiniy syarro maa qodhoit. Fainnaka taqdhii walaa yuqdhoo ‘alaik. Wa innahuu laa yadzillu man waalait. Wa laa ya ‘izzu man ‘aadait. Tabaarokta robbanaa wata’aalait. Falakal hamdu ‘alaa maa qodhoit. Astaghfiruka wa atuubu ilaik. Wa shollallahu ‘alaa sayyidinaa muhammadininnabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihii washohbihii wa sallam.

Terjemahan doa Qunut:

Ya Allah tunjukkan aku sebagaimana mereka yang telah Engkau tunjukkan. Berikan kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang telah Engkau berikan kesehatan. Dan peliharalah aku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau peliharakan. Berilah keberkatan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau karuniakan.

Dan selamatkan aku dari bahaya yang telah Engkau tentukan. Maka sesungguhnya, Engkaulah yang menghukum dan bukannya yang kena hukum. Dan sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulia orang yang Engkau musuhi.

Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi. Maka bagi Engkaulah segala pujian di atas apa yang Engkau hukumkan. Aku memohon ampun dari-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu. Dan semoga Allah mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarganya

Keutamaan dan manfaat doa Qunut sendiri cukup besar lho. Doa Qunut sendiri adalah doa memohon petunjuk kepada Allah agar mendapatkan ilmu bermanfaat serta amal Sholeh. Doa ini juga merupakan doa untuk memohon perlindungan dari berbagai macam penyakit (baik lahir maupun batin) yang dapat merusak manusia.

Continue Reading

Muslim

Gambar ‘Malam Lailatul Qadar’ 2019 M / 1440 H

Published

on

Malam Lailatul Qadar

DP Lailatul Qadar – Ramadhan telah mencapai puncaknya, hari ini adalah awal dari 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Berdasarkan dalil yang seriing kita jumpai bahwa keutamaan dan pahala pada 10 hari terakhir di bulan suci Ramadhan adalah dijauhkan dari siksa api neraka. Selain itu masih ada satu lagi sesuatu yang istimewa pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan, yakni turunnya Lailatul Qadar.

Lailatul Qadar adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Al Qur’an digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Dan juga diperingati sebagai malam diturunkannya Al Qur’an (seperti dikisahkan pada surat Ad Dukhan ayat 3-6). Deskripsi tentang keistimewaan malam ini dapat dijumpai pada Surat Al-Qadar, surat ke-97 dalam Al Qur’an.

Kapan sebenernya Lailatul Qadar akan turun menghampiri umat muslim? terjadinya malam Lailatul Qadar itu pada 10 malam terakhir bulan Ramadan, hal ini berdasarkan hadits dari Aisyah yang mengatakan:

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan dan dia bersabda, yang artinya: “Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Romadhon” ” (HR: Bukhari 4/225 dan Muslim 1169)

Ilustrasi Orang Sholat

Pada malam Lailatul Qadar, para malaikat yang membawa rahmat turun ke bumi termasuk malaikat Jibril. Ini mengindikasikan bahwa Lailatul Qadar benar-benar malam penuh keberkahan. malam penuh kesejahteraan hingga terbit fajar dimana setan tidak bisa berbuat jahat dan manusia hanya bergelut dengan nafsu dirinya sendiri untuk bisa memanfaatkan momentum ini. Takdir tahunan pun dicatat pada malam Qadar ini.

Keistimewaan Puasa

Di bulan yang penuh berkah ini, Batu Media juga akan berbagi 22 gambar display picture balckberry messenger atau biasa kita kenal dengan dp bbm tentang malam Lailatul Qadar. Buat yang belum memiliki dp bbm islami keren ini, bisa langsung di dowonload dan dibagi kesesama teman dan umat muslim lainnya ya. Gratis kok!

Dadalala

Dp BBM Malam Lailatul Qadar

DP Malam Lailatul QadarGambar Lailatul Qadar

 

DP BBM Lailatul QadarDp Doa Malam Lailatul Qadar

 

Gambar BBM Doa Lailatul QadarFoto Carilah malam Lilatul Qadar

 

Dp Dalil Lailatul QadarDP Lafadz Arab Lailatul Qadar

 

Dp Doa Lailatul Qadar Bahasa IndonesiaGambar Lailatul Qadar Terbaru

Gambar Malam Lilatul Qadar

Gambar dibawah ini bisa digunakan sebagai dp bbm untuk smartphone Android maupun Blackberry Anda. Tidak perlu khawatir jika nanti ukuran gambar ini telalu besar, karena dp islami ini sudah di resize sesuai dengan ukuran foto profil di bbm. Bagi yang belum tahu bagaimana cara download foto dibawah ini, caranya cukup mudah! Perhatikan dibawah ini:

Download via Komputer: Klik kanan » Save as image » Simpan
Download via Smartphone: Tekan dan tahan pada gambar » Save as image » Simpan

Doa Lailatul QadarKata Mutiara Malam Lailatul Qadar

 

Gambar Arab Lailatul QadarDp Malam Seribu Bulan

 

Dp Arti Malam Lailatul QadarDp BBM Malam Lilatul Qadar

 

Dp Hadits Peringatan Lailatul Qadargambar Doa Lailatul Qadr

 

Doa Lailatul Qadar Bahasa ArabDp Ajakan Ibadah di malam Lailatul Qadr

 

Dp Berburu Lailatul Qadar TerbaruDp Surat Al-Qadr

Malam Lailatul Qadar adalah waktu di mana terdapat satu malam yang sangat istimewa bagi umat muslim dan penuh kemuliaan. Barang siapa yang beribadah pada malam Lailatul Qadar akan sama dengan beribadah selama seribu bulan. Dan barang siapa yang mendapatkan kemuliaan itu, sungguh ia adalah manusia yang sangat beruntung dan dirahmati.

Bagaimana tanda-tanda turunnya malam Lailatul Qadar? Apa saja amalan yang harus dilakukan untuk menyambut datangnya malam seribu bulan ini? Bagaimana doa di malam Lailatul Qadar dalam bahasa arab beserta artinya? Untuk menjawab semua pertanyaan itu, silahkan baca artikel sebelumnya berjudul “Malam Lailatul Qadar : Pengertian, Tanda, Amalan dan Doa” disini

Continue Reading

Trending

Copyright © 2014-2021 Batu Media