Connect with us

Advertorial

Sukanto Tanoto Mendukung Pengembangan Pendidikan di Pedesaan

Published

on

Pengusaha Sukanto Tanoto memandang pendidikan sebagai hal krusial dalam hidup setiap orang. Melalui Tanoto Foundation yang didirikannya, ia berusaha membantu setiap orang memperoleh akses pendidikan yang sama. Secara khusus, Chairman Royal Golden Eagle (RGE) ini berupaya mengembangkan edukasi di area pedesaan.

Saat ini, kualitas pendidikan di Indonesia masih timpang antara daerah pedesaan dan perkotaan. Di kota, pendidikan jauh lebih baik. Sebaliknya di desa sangat tertinggal. Terkait fasilitas belajar hingga mutu pengajar pun berada di bawah.

Hal ini juga dideteksi oleh Sri Mulyani dalam kapasitasnya sebagai Managing Director and Chief Operating Officer Bank Dunia. Pada 2016, ia pernah menyebutkan bahwa ketimpangan mutu pendidikan di desa dan kota di negeri amat tinggi. Secara khusus, kesenjangan juga terjadi dalam angka partisipasi pendidikan.

Tanoto Foundation

“Sekolah di desa berpeluang lebih kecil untuk memiliki guru yang terlatih dan fasilitas yang baik. Ketidakhadiran guru pun jadi masalah,” kata Sri Mulyani pada Selasa (26/7/2016) seperti dilaporkan oleh Okezone.com.

Dampak dari ketimpangan itu sangat nyata. Beragam contoh bisa dipaparkan. Salah satunya tentang kemampuan membaca pada anak. Menurut Sri, anak di kelas 3 Sekolah Dasar di Pulau Jawa mampu membaca lebih cepat 26 huruf per menit dibanding anak di Nusa Tenggara, Papua, serta Maluku.

Lebih susah lagi, kemiskinan juga lebih banyak di pedesaan. Padahal, kemampuan ekonomi berkaitan erat dengan tingkat partisipasi pendidikan. Semakin lemah perekonomian keluarga, maka peluang bersekolah juga mengecil.

Dadalala

Sri menegaskan dengan data yang dimilikinya. Dikatakannya bahwa pada tingkat SMA angka partisipasi sekolah turun drastis bagi penduduk miskin. Cuma 33 persen anak-anak dari kelompok dua puluh persen termiskin yang bersekolah pada tingkat SMA.

Ini jauh di bawah kelompok rakyat 20 persen terkaya. Mereka yang berada di SMA mencapai angka 76 persen untuk kelompok 20 persen terkaya.

Kondisi memprihatinkan ini mengusik Sukanto Tanoto. Ia berusaha mengubah situasi tersebut dengan mengembangkan pendidikan di pedesaan. Tanoto Foundation adalah sarananya.

Profil Sukanto Tanoto

Selama ini pendidikan memang menjadi salah satu bagian utama dalam kegiatan Tanoto Foundation. Yayasan sosial yang resmi berdiri pada 2001 ini menggelar sejumlah program terkait edukasi seperti beasiswa, pembangunan fasilitas belajar, pemugaran perpustakaan, hingga pengembangan kualitas pengajar.

Pendidikan di kawasan pedesaan menjadi perhatian khusus. Hal itu tidak lepas dari jejak awal aksi filantropi Sukanto Tanoto yang juga ada di pedesaan.

Kegiatan sosial yang dilakukannya berawal dari pembangunan sebuah sekolah di kawasan Besitang di Sumatra Utara pada 1981. Ketika itu, sebagai sebuah daerah pedesaan, sulit ditemukan sekolah berkualitas di sana. Mutu pendidikannya jauh dibanding Medan.

Hal ini membuat para karyawan perusahaan Sukanto Tanoto yang ada di sana kesulitan menyekolahkan anak-anaknya. Inilah yang akhirnya membuat Sukanto Tanoto membangun sekolah di Besitang.

Sejak saat itu, perhatiannya terhadap pendidikan khususnya di area pedesaan meningkat. Pria kelahiran Belawan ini pun menjadikannya sebagai salah satu pilar utama kegiatan Tanoto Foundation bersama dengan pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kualitas hidup.

Supaya semakin terorganisasi, Tanoto Foundation kemudian menggulirkan program yang disebut Pelita Pendidikan. Di bawahnya tercakup empat jenis kegiatan berbeda, yakni Pelita Asri, Pelita Pustaka, Pelita Guru Mandiri, serta Pendidikan Anak Usia Dini.

Setiap program memiliki ciri khas dan sasaran tersendiri. Namun, semuanya memiliki tujuan yang sama, yakni mempermudah akses ke pendidikan bermutu serta meningkatkan mutu edukasi.

RAGAM UPAYA YANG DILAKUKAN

Ketertinggalan kualitas pendidikan di pedesaan dibanding di perkotaan terjadi di beragam aspek. Mulai dari fasilitas dan sarana pendidikan hingga mutu pelajaran, desa masih tertinggal. Hal inilah yang membuat Tanoto Foundation menjalankan upaya pengembangan pendidikan di desa-desa secara komprehensif.

Yayasan yang digagas Sukanto Tanoto ini bahkan telah memulai upayanya terhadap anak usia dini. Mereka menggulirkan program yang dinamai sebagai Pendidikan Anak Usia Dini.

Pada dasarnya, Pendidikan Anak Usia Dini dijalankan dengan maksud untuk meningkatkan kualitas pusat pendidikan anak usia dini. Sasarannya tidak dibatasi di daerah perkotaan atau pedesaan saja. Namun, karena kawasan desa sangat tertinggal, Tanoto Foundation memberi penekanan khusus di sana, khususnya di Provinsi Jambi, Sumatra Utara, dan Riau.

Ruang lingkup kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini dibagi menjadi tiga kegiatan besar. Tanoto Foundation berupaya meningkatkan kompetensi guru dan pengasuh sekolah dengan cara memberi pelatihan, sertifikasi guru nasional dan dilengkapi dengan renovasi fisik taman kanak-kanak dan PAUD yang membutuhkan.

Di pedesaan Jambi, Riau, dan Sumatra Utara, Tanoto Foundation sudah berhasil menjalankannya dengan baik. Mereka sangat mendukung pengembangan anak-anak petani kelapa sawit dan masyarakat umum. Wujud nyata adalah berkiprah di 37 taman kanak-kanak dan PAUD serta 71 pusat-pusat penitipan anak.

Di sana Tanoto Foundation menjalankan arahan Sukanto Tanoto. Mereka menggulirkan program pelatihan untuk guru dan pengasuh tentang tahap perkembangan anak, teknik mendidik anak-anak berkebutuhan khusus, dan pemahaman mengenai nutrisi. Selain itu, mereka juga memastikan keamanan infrastruktur PAUD dan memberikan makanan tambahan untuk anak-anak.

Selain Pendidikan Anak Usia Dini, Tanoto Foundation menggelar Pelita Asri di kawasan pedesaan. Program ini merupakan kependekan dari Aman, Sehat, dan Ramah Lingkungan. Tujuannya ialah untuk menciptakan dan memelihara lingkungan belajar yang aman, bersih, dan sehat di sekolah.
Tanoto Foundation mengimplementasikan Pelita ASRI secara holistik. Maksudnya ialah mendukung komponen hardware serta software secara seimbang.

Kegiatannya cukup banyak. Tanoto Foundation melakukan renovasi ruang kelas sekaligus memberi furnitur dan perlengkapan ruang kelas. Mereka juga membangun toilet dan instalasi persediaan air bersih.

Sedangkan di segi software, Tanoto Foundation meningkatkan kesadaran kebersihan pribadi murid dan guru. Mereka bahkan mengajak murid, guru, dan masyarakat untuk peduli terhadap kelestarian lingkungan.

Program ini terbukti efektif. Sebagian besar siswa di Sumatra Utara, Jambi, dan Riau yang didukung Tanoto Foundation mengaku mampu mengubah kebiasaan hidupnya menjadi lebih sehat.
Sementara itu, untuk meningkatkan kualitas guru, Tanoto Foundation menggulirkan Pelita Guru Mandiri. Melalui kegiatan ini, guru dilatih sehingga dapat menerapkan proses belajar mengajar berkualitas tinggi, efektif, dan menyenangkan bagi murid, baik di dalam maupun di luar kelas.

Selain itu, para pengajar diajari berbagai topik, seperti pengembangan dan penerapan pembelajaran kontekstual, pembelajaran kolaboratif antara guru dan siswa, dan pengelolaan kelas. Supaya kualitas guru terjaga, Tanoto Foundation mau melakukan kunjungan berkala ke sekolah untuk pengamatan langsung dan memberikan pelatihan penyegaran.

Semua akhirnya dilengkapi dengan program Pelita Pustaka. Ini adalah upaya untuk mendorong minat baca siswa. Tanoto Foundation melakukan kegiatan mulai dari merenovasi perpustakaan, mendonasikan buku sebagai koleksi, hingga melatih guru untuk mengelolanya.

Kegiatan ini diharapkan mampu membuat kualitas pendidikan di pedesaan meningkat. Sebab, sarana dan pengajaran yang berkualitas sudah bisa mereka nikmati di daerahnya masing-masing seperti yang diinstruksikan oleh Sukanto Tanoto.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertorial

Bolehkah Minum Air Kelapa Saat Sakit Maag?

Published

on

Air Kelapa Muda

Maag membuat penderitanya harus pandai mengatur pola makan serta gaya hidupnya sehari-hari. Ada berbagai pantangan makanan hingga kebiasaan yang harus dihindari jika kamu memiliki penyakit maag.

Contohnya sakit maag tiba-tiba menyerang jika kamu melakukan hal-hal yang memicunya, seperti berbaring setelah makan, makanan dengan porsi besar maupun terburu-buru.

Selain itu, maag juga bisa kambuh ketika kamu mengkonsumsi minuman yang seharusnya dipantang seperti jus jeruk, lemon, jeruk nipis, kopi, atau alkohol. Lantas, bagaimana dengan air kelapa? Bolehkah minum air kelapa saat sakit maag? Untuk mengetahuinya, yuk simak manfaat air kelapa dan amankah untuk dikonsumsi penderita maag?

Manfaat Air Kelapa

Perlu diketahui bahwa air kelapa memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Air kelapa mengandung elektrolit yang juga diperlukan bagi tubuh sehingga selain dapat menyegarkan, air dari buah yang satu ini memiliki kandungan manfaat lho. Apa saja manfaat air kelapa? bolehkah diminum saat maag? Yuk cari tahu jawabannya!

Mengatasi Masalah Pencernaan

Sejak zaman dahulu, air kelapa sudah dipercaya bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan. Misalnya ketika anak sedang diare, konstipasi, cacingan dan memiliki gangguan pencernaan lainnya, orang tua biasanya akan memberikan air kelapa untuk diminum sang anak.

Kandungan asam amino, mineral serta asam lemak di dalam air kelapa membuatnya memiliki osmolaritas yang tinggi. Oleh sebab itulah air kelapa sangat diperlukan bagi seseorang yang sedang diare karena dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang selama diare menyerang.

Dadalala

Tidak hanya itu, air kelapa juga mengandung beberapa enzim yang berguna untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan. Enzim yang dimaksud adalah diastase, fosfatase, katalase,dehidrogenase, RNA-polimerase, diastase, peroksidase dan enzim lainnya.

Mencegah Dehidrasi

Seperti yang bisa kita lihat bahwa beberapa produsen minuman membuat produk air kelapa dalam kemasan. Bukan tanpa alasan, perusahaan tersebut mengklaim bahwa produk air kelapa kemasan tersebut dapat mengganti elektrolit tubuh yang hilang. Daripada minum air kelapa kemasan, lebih baik konsumsi air kelapa yang langsung dari buahnya bukan?

Air kelapa memiliki kandungan natrium dan klorida rendah serta tinggi asam amino dan gula. Dilansir dari alodokter.com, setiap 100 ml air kelapa hanya menghasilkan 18,9 kilo kalori serta 1,5 gram gula. Kandungan zat tersebut merupakan kombinasi yang pas untuk mencegah tubuh dari dehidrasi.

Selain itu, kandungan kalium di dalam kelapa bermanfaat untuk menjaga tekanan air dalam sel dan darah. Minuman menyegarkan yang satu ini juga mudah diserap tubuh. Berbagai kondisi tersebut akhirnya membuat tubuh terhindar dari risiko dehidrasi.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Batu Ginjal

Air kelapa dapat menurunkan kadar kolesterol serta trigliserida sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian pun mengungkapkan bahwa air kelapa memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya penumpukkan kalsium, oksalat, dan sebagainya sehingga dapat mengurangi risiko batu ginjal. Meskipun demikian, hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Mengurangi Berat Badan

Ketika kamu sedang berjuang menurunkan berat badan, biasanya kamu disarankan untuk menghindari minuman berasa. Eits, kamu tetap boleh lho minum air kelapa meskipun terdapat rasa di dalamnya. Seperti yang sudah dibahas di atas bahwa air kelapa hanya mengandung sedikit kalori sehingga aman untuk dikonsumsi bagi seseorang yang sedang menurunkan berat badannya.

Mengurangi Risiko Maag

Dilansir dari hellosehat.com bahwa air kelapa memiliki kandungan senyawa aktif yang dapat menetralkan kadar asam lambung. Kandungan tanin yang terdapat pada air kelapa juga dapat mengurangi peradangan pada lambung sehingga meminimalisir gejala maag yang timbul. Dengan demikian, air kelapa boleh dan sangat aman diminum saat sakit maag.

Selain minum air kelapa saat sakit maag, kamu juga bisa mengkonsumsi obat antasida seperti promag untuk hasil yang optimal. Lekas sembuh ya!

Continue Reading

Advertorial

Menilik Layanan Galeri Provider, Apa Saja?

Published

on

galeri-smartfren

Sebagai salah satu provider di Indonesia, kiprah Smartfren tentu tidak bisa dianggap enteng. Smartfren telah telah hadir selama bertahun-tahun ditengah-tengah persaingan antar provider internet yang ketat di tanah air.

Selama itu pela Smartfren konsisten dengan peningkatan pelayanan kepada pelangan dengan membuka banyak galeri Smartfren di berbagai kota besar di tanah air.

Layanan yang Diberikan Kepada Pelanggan

Bagi yang belum tahu, galeri milik Smartfren saat ini telah tersebar hingga di 9 wilayah di Indonesia. Dengan jumlah sekitar 113 buah galeri, pelanggan yang berada di Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Sulawesi, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur serta wilayah Jabodetabek akan semakin mudah untuk mendapatkan pelayanan resmi.

Walaupun belum tersedia di banyak kota di luar Jawa, namun kedepannya jumlah galeri akan diperbanyak seiring dengan peningkatan infrastruktur telekomunikasi serta peningkatan pelanggan Smartfren di luar pulau Jawa.

Jika Anda seorang pelanggan Smartfren atau hanya sekedar ingin mencari info lebih lanjut maka jangan ragu untuk mengunjungi tempat ini karena pihak Smartfren memberikan beberapa pelayanan sekaligus seperti:

Dadalala
  1. Penjualan aneka produk elektronik Smartfren.
    Penting untuk Anda ketahui jika galeri Smarfren justru lebih banyak menjalani penjualan. Produk-produk elektronik yang dijual di sana merupakan produk-produk terbaru dari Smarfren. Senangnya, Anda bisa mencoba perangkat-perangkat tersebut secara gratis untuk merasakan pengalaman mengunakan produk tersebut.
  2. Perbaikan produk Smartfren yang rusak
    Perbaikan produk merupakan hal yang lumrah dilakukan terutama jika Anda sebagai pelanggan masih menerima garansi resmi. Anda bisa memperbaiki perangkat Smartfren yang rusak di galeri terdekat. Namun, jika kerusakan cukup parah mungkin Anda harus mengunjungi galeri yang lebih besar untuk mendapatkan layanan yang lebih lengkap.
  3. Konsultasi produk
    Produk dari Smartfren tidak hanya terbatas pada smartphone dan modem saja. Saat ini pihak Smartfren telah meningkatkan pelayanan dengan menyediakan berbagai layanan seperti solusi bisnis dan layanan digital. Khusus untuk 2 layanan terakhir memang disediakan untuk pelanggan-pelangan perusahaan yang membutuhkan koneksi internet yang lebih tinggi.

Jumlah galeri yang ada saat ini memang sangat membantu pelanggan Smartfren terutama karena hampir semua galeri selalu buka setiap hari. Namun dengan merebaknya pandemi seperti sekarang ini, ada baiknya jika Anda melihat informasi lebih dulu melalui situs resmi Smartfren yaitu smartfren.com untuk melihat berbagai produk, layanan serta berita terbaru.

Continue Reading

Advertorial

Apa itu Audit Kelistrikan? Ini Hal yang Perlu Kamu Ketahui!

Published

on

Genset

Dalam sebuah gedung, pasti terdapat listrik sebagai sumber daya utama untuk menghidupkan berbagai alat di dalam gedung tersebut. Maka dari itu, listrik ini sangat penting untuk kelangsungan aktivitas. Tapi, terkadang pemakaian listrik ini cenderung boros dan membuat tagihan listrik banyak. Untuk mengatasinya, Anda wajib melakukan audit energi pada listrik.

Audit energi ini diperlukan agar dalam penggunaan energi dapat lebih terukur. Selain itu, Anda juga bisa memonitor penggunaan energi listrik dalam skala waktu tertentu. Keuntungan dari audit energi listrik ini adalah untuk meningkatkan efisiensi penggunaan listrik, mengidentifikasi biaya listrik yang digunakan dalam waktu tertentu.

Tak hanya itu, dengan melakukan audit ini maka Anda bisa mengetahui dan meminimumkan penggunaan listrik yang terbuang, serta melakukan langkah penghematan pada energi listrik yang terbuang tersebut, sekaligus agar tidak ada energi listrik yang terbuang percuma. Jadi, biaya yang nanti Anda keluarkan pun dapat ditekan supaya lebih kecil dan lebih lebih hemat.

Genset

Melakukan audit ini sangat penting agar nantinya pengeluaran perusahaan Anda dapat lebih efisien. Selain itu, jika perusahaan melakukan audit ini maka perusahaan pun dapat lebih melakukan manajemen terhadap apa saja yang nantinya akan dilakukan, khususnya ketika hendak menggunakan listrik dalam aktivitas harian Anda.

Hanya saja, saat ini masih sedikit beberapa perusahaan yang menawarkan jasa untuk melakukan audit listrik ini. Jika ada pun, umumnya mereka akan mematok harga jasa yang cukup mahal sehingga membuat banyak perusahaan berpikir dua kali untuk menyewa jasanya. Maka dari itu, masih sedikit perusahaan yang melakukan tindakan audit ini.

Namun, Anda tak perlu khawatir lagi karena Anda bisa memercayakan audit penggunaan energi listrik Anda di Sewatama sekarang juga. Pasalnya, disini Anda akan mendapatkan layanan audit dari auditor yang sudah berpengalaman dan profesional di bidangnya.

Dadalala

Selain itu, jasa audit yang ditawarkan pun juga terjangkau tapi kualitas nomor satu. Hasil audit yang Anda dapatkan pun juga dijamin sangat jelas dan memuaskan. Langsung saja kunjungi www.sewatama.com untuk mengetahui layanan terbaik yang Anda butuhkan.

Continue Reading

Trending

Copyright © 2014-2021 Batu Media