Connect with us

Advertorial

Simone Inzaghi dan Inferioritas yang Menyembuhkan Sang Elang

Published

on

Simone Inzaghi

Kumparan – Suatu kali, Gianluigi Buffon pernah berkata bahwa bukan Ronaldo Luiz Nazario de Lima atau Andriy Shevchenko penyerang yang paling ditakutinya, melainkan Filippo Inzaghi. Dan Buffon, sebagai salah seorang penjaga gawang terhebat sepanjang masa, tentu punya alasan kuat mengapa nama Pippo membuatnya gentar.

Bagi Buffon, Ronaldo dan Shevchenko adalah penyerang yang luar biasa hebat. Mereka cepat, kuat, punya teknik bagus, dan bisa mencetak gol dengan cara apa pun. Tetapi, justru kehebatan mereka itulah yang membuat dirinya tidak takut terhadap mereka. Hanya lebih waspada.

Pemain Lazio

Akan tetapi, Pippo Inzaghi adalah spesies yang sama sekali berbeda. Pasalnya, pemain satu ini bergerak dengan cara yang tidak bisa diprediksi dengan logika. Pippo Inzaghi adalah penyerang yang mengedepankan insting dan celakanya, insting itu tidak bisa ditandingi oleh siapa pun.

Insting membunuh Pippo itu tampaknya memang bawaan orok. Sejak kecil pun, ketika anak-anak seusianya bermain sepak bola, mereka selalu ingin mengajak Pippo dengan alasan yang sederhana: karena Pippo selalu mencetak gol. Selalu.

Pippo kecil pun selalu mengiyakan ajakan bermain tersebut. Akan tetapi, menurut kesaksian sang ibunda, Marina, Pippo hanya mau ikut bermain apabila sang adik, Simone, juga diajak bermain.

***

“Adiknya Pippo”. Itulah label yang selama ini tersemat pada diri Simone Inzaghi dan ini memang tidak salah. Simone memang adik dari Pippo. Akan tetapi, label ini menjadi beban yang sulit sekali dienyahkan oleh Simone karena sebagai pemain, Pippo Inzaghi punya prestasi yang jauh lebih menterang.

Pippo memenangi segalanya, mulai dari Serie A sampai Piala Dunia. Bahkan, pria kelahiran 1973 itu pernah juga menjadi topskorer Serie A. Tak cuma itu, rekornya di kompetisi antarklub Eropa pun menawan. Sementara Simone, meski punya koleksi satu Scudetto dan tiga Coppa Italia, tidak pernah mencapai apa yang dicapai oleh sang kakak.

Tetapi, itu dulu. Kini, kakak-beradik itu sudah berkepala empat dan mereka tak lagi bertungkus-lumus di lapangan sebagai juru gedor. Kini, medan laga mereka sudah berpindah ke tepi lapangan sebagai juru taktik.

Jalan Pippo sebenarnya sudah lebih dimudahkan ketika dia diberi mandat untuk melatih AC Milan pada tahun 2014 lalu. Akan tetapi, entah karena Milan yang memang kala itu memang tidak punya harapan sama sekali atau bagaimana, karier melatih Pippo menemui batu sandungan yang tak pernah sama sekali dijumpainya ketika masih menjadi pemain.

Di akhir musim 2014/15, Adriano Galliani mengumumkan bahwa Milan takkan lagi menggunakan jasanya sebagai pelatih. Setelah itu, Pippo sempat menganggur sebelum pada tahun 2016 lalu menerima pinangan Venezia yang baru saja diambil alih oleh seorang pengacara Amerika Serikat bernama Joseph Tacopina.

Ketika Pippo menerima pinangan Venezia itu, Simone baru saja mengakhiri musim perdana sebagai pelatih tim senior Lazio. Sekitar dua bulan sebelum Pippo mengiyakan tawaran Tacopina, Simone diminta Claudio Lotito untuk menjadi caretaker Lazio setelah Stefano Pioli dirumahkan.

Situasinya ketika itu jauh dari kata ideal. Lazio baru saja dihajar Roma 1-4 pada Derby della Capitale. Kekalahan telak itulah yang menjadi puncak dari turbulensi yang dialami Lazio pada musim 2015/16 tersebut. Dalam 21 giornata sebelumnya, Gli Aquilotti hanya mampu menang lima kali.

Meski badai cedera, termasuk yang menimpa Stefan De Vrij sejak awal musim, bisa dijadikan alasan, laju itu memang sama sekali tidak bisa dimaafkan.

Ultras Lazio pun mengamuk. Laga mereka boikot dan sesi latihan di Formello pun mereka jadikan ajang baku pukul dengan polisi.

Simone Inzaghi

Melihat situasi demikian, Simone punya solusi cerdas: mengungsikan para pemainnya ke daerah yang lebih tenang. Hasilnya, dalam tujuh laga, empat kemenangan berhasil diraih dan Lazio pun akhirnya berhasil mengamankan satu posisi di papan tengah pada klasemen akhir. Simone pun kemudian resmi menjadi pelatih tetap Lazio.

***

“Tujuan saya memang selalu menjadi pelatih Lazio,” kata Simone Inzaghi ketika pertama kali diperkenalkan sebagai pengganti Pioli. “Saya adalah pelatih Lazio saat ini dan saya ingin menjadi pelatih Lazio di masa mendatang.”

Musim kompetisi 2017/18 baru seumur jagung. Akan tetapi, Lazio besutan Simone Inzaghi sudah menunjukkan tanda-tanda bahwa mereka bakal bisa menjadi seperti Lazio era Sergio Cragnotti yang dulu begitu ditakuti.

Mereka memang tidak memiliki Juan Sebastian Veron atau Jose Marcelo Salas, tetapi cara Senad Lulic dkk. menyikapi pertandingan sudah mencerminkan tanda-tanda sebagai tim bermental juara.

Buktinya sudah ada. Pada ajang Supercoppa Italiana bulan Agustus lalu, Juventus mereka pecundangi. Skor pertandingan itu memang tipis. Hanya 3-2.

Namun, angka yang tertera di situ sama sekali tidak mencerminkan apa yang terjadi pada pertandingan tersebut di mana satu-satunya pemain Juventus yang layak disebut sebagai pemain Juventus hanyalah Paulo Dybala.

Lazio di bawah Simone Inzaghi adalah Lazio yang ingin disaksikan oleh setiap Laziale di muka bumi ini. Lazio yang ini adalah Lazio yang diinginkan oleh para ultras yang mengamuk di Formello pada April 2016 lalu; Lazio yang selalu mau bertarung, terlepas dari apa pun hasil akhirnya.

Delapan pertandingan sudah berjalan dan mereka sudah berhasil meraih enam kemenangan plus satu hasil imbang. Sementara, satu kekalahan diderita dari Napoli yang memang sepertinya bisa mengalahkan semua kesebelasan di Serie A dengan mudah. Dengan koleksi 19 poin, mereka, bersama Internazionale, kini menguntit Napoli di pucuk klasemen.

Pelatih Lazio Simone Inzaghi

Lantas, apa yang membuat Lazio yang sekarang ini begitu berbeda?

Faktor pertama tentu saja Simone Inzaghi sendiri sebagai pelatih. Sebagai pemain, Simone terbiasa dengan inferioritas. Itulah mengapa, pendekatan pertamanya di Lazio adalah soal bagaimana caranya bertahan.

Meskipun kini mereka menjadi kesebelasan dengan jumlah kebobolan terbanyak di tujuh teratas Serie A, satu hal yang paling menonjol dari tim ini adalah bagaimana mereka tidak pernah berhenti bertarung demi mempertahankan tiap jengkal lapangan. Untuk melakukan ini, hal pertama yang dilakukan Simone adalah memastikan keunggulan jumlah pemain sebelum melakukan tekanan terhadap lawan.

Itulah mengapa, kini Simone setia dengan formasi 3-4-2-1. Empat pemain yang terdiri dari dua gelandang tengah dan dua wing-back itulah yang menjadi kunci utama Simone dalam bertahan. Di timnya saat ini bercokollah nama Senad Lulic, Lucas Leiva, Marco Parolo, dan Dusan Basta sebagai pilihan utama.

Secara teknis, keempat pemain itu bukan yang terbaik. Namun, mereka punya determinasi yang sulit ditandingi. Parolo, misalnya, selalu menjadi pilihan utama Antonio Conte di Piala Eropa 2016 karena alasan ini. Dengan pemain-pemain penuh determinasi ini, Lazio (hampir) selalu bisa membuat serangan-serangan lawan tercekik.

Idealnya, setelah mampu memutus serangan lawan di sini, Lazio kemudian melancarkan serangan balik kilat lewat prakarsa Sergej Milinkovic-Savic serta Luis Alberto yang nantinya bakal dieksekusi oleh Ciro Immobile sebagai ujung tombak. Dalam struktur serangan Lazio ini, ada tiga hal utama yang dipadukan, yakni kekuatan, kemampuan teknikal, serta kecepatan.

Milinkovic-Savic punya kekuatan, Luis Alberto punya kemampuan teknikal, dan Immobile termasyhur akan kecepatannya. Untuk melancarkan serangan balik kilat, tiga hal ini memang fundamental dan Lazio memiliki itu semua.

Pemain Baru Lazio

Namun, inferioritas Simone ini tidak melulu terlihat. Masalahnya, di lini belakang, pria kelahiran Piacenza itu justru sangat, sangat berani. Pertama, dia menggunakan trio bek sentral yang kesemuanya bisa bermain sebagai ball-playing defender. Kedua, keberaniannya untuk menyingkirkan Federico Marchetti serta Etrit Berisha demi mempercayakan gawang Lazio untuk dikawal Thomas Strakosha.

Pemilihan komponen-komponen lini belakang ini sangat menarik. Pasalnya, mereka semua punya kelebihan untuk melancarkan dua jenis serangan balik. Jika trio bek Lazio—Bastos, Stefan De Vrij, dan Stefan Radu—punya kelebihan dalam umpan-umpan pendek, Strakosha adalah distributor umpan panjang yang ciamik.

Ini, tentunya, belum termasuk kebolehan kiper muda asal Albania itu dalam melakukan penyelamatan, termasuk kala dia menggagalkan penalti Paulo Dybala pada laga Serie A pekan kedelapan lalu.

Selain karena taktik dan pendekatan Inzaghi ini, Lazio juga memiliki setidaknya tiga pemain yang ingin membuktikan sesuatu. Mereka adalah Lucas Leiva, Luis Alberto, dan Ciro Immobile.

Lucas dan Luis Alberto sama-sama pernah berbaju Liverpool. Meski terbilang sukses di Liverpool, dalam beberapa musim terakhir, Lucas selalu menjadi pesakitan. Dia disebut-sebut tidak punya lagi kemampuan untuk bertarung di Premier League karena sudah melambat dan fisiknya yang sudah tidak sekuat dulu.

Di Lazio, Lucas berubah peran. Dia tak lagi menjadi penjagal seperti halnya di Liverpool, melainkan sebagai pembagi bola. Di Lazio, Simone Inzaghi mengutilisasi intelegensi Lucas alih-alih atribut fisiknya.

Kemudian, Luis Alberto ketika di Liverpool dulu hampir tidak pernah dimainkan sebagai gelandang serang seperti sekarang ini. Dulu, dia selalu bermain sebagai second striker atau penyerang sayap dan ternyata, dua peran itu tak mampu membuat pemain 25 tahun itu mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Luis Alberto

Bersama Lazio, Luis Alberto menjelma menjadi seperti Kevin De Bruyne di Manchester City. Seorang gelandang serang modern yang tak hanya punya kemampuan teknikal dan visi mumpuni, tetapi juga mobilitas yang bisa diandalkan. Tak mengherankan sama sekali jika sampai giornata kedelapan ini, mantan pemain Sevilla tersebut berhasil menyumbang tiga gol dan tiga assist di Serie A.

Terakhir, tentu saja, Ciro Immobile. Bagi pemain 27 tahun itu, Lazio adalah sebuah tempat penebusan dosa setelah sebelumnya pernah mengecewakan banyak pihak tatkala bermain untuk Borussia Dortmund dan Sevilla. Bersama Biancocelesti, pemain asal Napoli tersebut seperti menemukan “klik” yang sebenarnya sudah pantas dia dapatkan dua, tiga tahun silam.

Kombinasi itulah yang membuat Lazio pada musim ini begitu menyeramkan. Semuanya terasa pas. Terlepas dari kekurangan seperti perkara kedalaman skuat, Lazio yang ini terlihat nyaris sempurna.
Jumat (20/10) dini hari nanti, Lazio akan bertandang ke Allianz Riviera, markas OGC Nice di matchday ketiga Liga Europa. Bagi Lazio, misinya sudah jelas: meraih kemenangan ketiga secara beruntun setelah sebelumnya Vitesse dan Zulte Waregem berhasil ditaklukkan.

Mudah? Tentu tidak. Walaupun sampai kini performa Nice masih angin-anginan, mereka bisa tiba di Liga Europa karena pada musim lalu, Mario Balotelli dkk. sebenarnya sukses memastikan satu tempat di Kualifikasi Liga Champions. Hanya saja, di babak kualifikasi itu, langkah mereka dihentikan oleh Napoli.

Nice tentu saja ingin membuktikan bahwa prestasi mereka musim lalu itu bukan kebetulan. Namun, Lazio pun demikian. Apabila performa mereka di Liga Europa tetap terjaga, maka capaian mereka di Serie A pun tidak bisa disebut sebagai sebuah kebetulan belaka.

=====

Laga matchday ketiga Liga Europa Grup K antara Nice dan Lazio akan digelar Jumat (20/10/2017) pukul 00.00 WIB di Allianz Riviera, Nice.

Sumber: Kumparan.com

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertorial

5 Urban Legends di Singapura yang bikin Bulu Kudukmu Berdiri!

Published

on

Penumpang hantu

Apa? Negara maju seperti Singapura masih percaya dengan urban legends? Memang agak aneh, sih, tapi itu kenyataan, lho! Sebelum cari tiket ke Singapura, berikut 5 urban legends menyeramkan yang ada dio Singapura!

  • Orang Tionghoa di Radio

Legenda ini adalah salah satu yang umum di kalangan pria muda yang memulai Layanan Nasional atau Wajib Militer. Konon katanya, radio di barak selalu berada di stasiun atau channel radio Tionghoa setiap pagi. Karena orang-orang yang sedang Wajib Militer (wamil) berasal dari berbagai etnis, beberapa pemuda menuduh anggota-anggota Tionghoa yang memonopoli radio tersebut. Otomatis para Tionghoa menyangkal tuduhan tersebut dong?

Radio Jadul

Nah, ketidaksetujuan ini terus berlanjut sampai salah satu dari anak-anak itu bangun pada suatu malam, melihat ke arah radio dan melihat sosok hantu menyerupai lelaki tua sedang mengotak-atik stasiun. Tapi, ada yang bilang sosok hantunya menyerupai gadis muda atau wanita tua, yang pasti adalah channel radio itu selalu berada di channel Tionghoa.

  • Penumpang Hantu

Cerita ini berasal dari supir taksi, khususnya mereka yang memiliki pengalaman mengerikan untuk menjemput penumpang larut malam yang meminta untuk diturunkan di sebuah pemakaman. Biasanya, protagonis dalam cerita adalah seorang wanita muda yang cantik yang menunggu di jalan terpencil untuk taksi.

Penumpang hantu

Begitu dia berada di taksi, dia tidak berbicara lagi dan tanpa berkata-kata ia memberi uang sopir ketika dia tiba di tempat tujuannya. Cerita seperti ini di Indonesia juga ada, nih. Malah lebih seram dari yang versi Singapura.

  • Hantu Bishan

Stasiun MRT Bishan terletak di lahan Pek San Teng dan dulunya bekas pemakaman. Ketika stasiun dibuka pada November 1987, beberapa penumpang melaporkan melihat sosok hantu tanpa kepala dan penampakan mengerikan lainnya tanpa tujuan mengembara ke MRT tersebut.

Mall Hantu

Petugas pemeliharaan malam hari juga mengatakan bahwa mereka melihat peti mati di terowongan antara Bishan dan Novena MRT, yang dulunya juga dibangun di lahan bekas kuburan.

  • Jangan Biarkan Hantu Masuk

Urban legends ini datang dari seorang wanita yang pergi dari rumah ke rumah menjual berbagai bahan makanan. Ada seorang wanita tua yang menjual kerupuk dan dia dikenal sebagai Makcik Keropok. Namun, dia bukan penjual kerupuk biasa.

nenek Keropok hantu

Menurut cerita, dia memegang rahasia gelap dan jika kamu membukakan pintu untuknya, dia akan melepaskan Pontianak, roh hantu vampir hantu dari cerita rakyat Indonesia, ke rumahmu. Lho… cerita Singapura tapi hantunya Indonesia, menarik.

  • Sesajen Hantu yang Lapar

Bulan ketujuh dari kalender lunar adalah bulan Hantu Lapar atau Hungry Ghost. Selama periode ini, orang-orang Tionghoa mengatur persembahan untuk orang-orang yang mereka cintai. Keluarga menempatkan persembahan ini di tempat yang mereka rasa akan didatangi oleh para leluhur mereka, contohnya seperti di trotoar.

Katanya, kalau kamu menginjak sesajen atau poersembahan ini, kamu akan membuat roh-roh ini marah dan sesuatu yang buruk akan terjadi pada dirimu. Hiiiii….

Tuh, lima urband legends Singapura yang harus kamu ketahui biar gak sembrono saat liburan ke Singapura. Seram gak? Kurang seram? Gimana kalau kamu langusng cari tiket dan terbang ke sana? Biar dapat info tentang urab legends yang lebih akurat! Mau liburan seri di Singapura? #gampang!

Continue Reading

Advertorial

Jangan Lewatkan Diskon Besar Harbolnas yang Bisa Bikin Kaget

Published

on

Bukalapak Harbolnas

Tahun lalu saja diskon bisa mencapai 95%. Berarti 5% lagi barang tersebut dijual gratis. Kurang kaget apalagi? Mana ada penjual gila yang tak takut rugi selain di hari belanja online nasional. Di sinilah diskon besar harbolnas yang super gila bisa Anda dapatkan. Di mana lagi kalau bukan Bukalapak.

Contoh saja tahun lalu, Bukalapak memberikan diskon sampai 80% pada barang-barang yang ada di sana. Jika  diskon masih belum cukup, Anda pun diberikan fasilitas nego ke penjual yang bersangkutan. Kemudian selain nego, diberikan pula gratis ongkir oleh beberapa jasa pengiriman barang seperti Grab, J&T, Pos Indonesia, Si Cepat, dan Ninja Xpress.

Bukalapak Female Harbnolnas

Tentunya promo dulu dan sekarang akan semakin gila. Anda mungkin tidak akan sabar menanti promo Bukalapak yang sayangnya saat ini belum keluar. Namun lain dari itu, coba kita fokus pada fasilitas ‘nego’ yang ada di Bukalapak. Mungkin kalian bingung bagaimana fasilitas tersebut bekerja. Yang pasti, Anda hanya bisa nego bila Anda memakai aplikasi Bukalapak, jadi tidak bisa kalau Anda membuka dari browser.

Untuk tutorialnya, berikut kami sajikan untuk Anda.

  1. Daftar dan lengkapi semua informasi di Bukalapak. Yang belum punya akun, segera daftar, dan unduh aplikasinya. Jangan membuka lewat Browser.
  2. Setelah mendaftar, cari barang yang Anda inginkan.
  3. Klik tombol ‘Nego Sekarang’ pada barang yang ingin Anda beli. Lalu isi harga yang Anda negokan. Anda diberikan kesempatan 3 kali, jadi pikirkan harga nego tebaik agar bisa disetujui. Bila nego pertama disetujui, lanjutkan ke nego selanjutnya sampai 3 kali. Manfaatkan sebaik mungkin fitur tersebut untuk meraih harga termurah.
  4. Setelah berhasil menaklukkan penjual, selesaikan pembayaran dengan jumlah terakhir nego Anda yang disetujui penjual.

Diskon besar harbolnas di Bukalapak adalah salah satu dari alasan kenapa harus memilih Bukalapak sebagai pilihan Anda. Lihat pula bagaimana sistem keamanan di Bukalapak. Di sana, 100% Anda akan terlindungi dari tipu-tipu online shop. Dari mulai diskon curang, barang yang tak sesuai dengan harga, dan tipuan lainnya. 100% Anda akan terhindar dari tipuan semacam itu di Bukalapak.

Harbolnas Bukalapak

Coba saja kita lihat beberapa keuntungan belanja di Bukalapak berikut ini:

  • Anda bisa memilih berbagai jasa pengiriman yang disediakan Bukalapak sesuka hati.

Anda pun dapat memilih jasa pengiriman dengan ongkos kirim gratis. Tapi biasanya agar ongkos kirim gratis, ada beberapa syarat tertentu seperti minimal pembelian. Pemilihan hari saat berbelanja pun juga penting, seperti saat tanggal 12 Desember, bertepatan dengan Harbolnas, di hari itu Anda dapat ongkos kirim gratis ke seluruh
Indonesia.

  • Banyak diskon yang diberikan oleh Bukalapak.

Ini menguntungkan penjual maupun pembeli supaya barangnya lebih banyak yang laku. Diskon tersebut muncul bukan hanya di hari-hari tertentu saja, hari-hari biasa juga banyak. Tinggal rajin-rajin kalian mengecek harga tiap incaran barang Anda.

  • Hanya di Bukalapak yang disediakan fitur nego.

Seperti yang tersebut di atas, maksimal nego adalah 3 kali. Di hari-hari biasa, kita tidak bisa keterlaluan saat nego, namun berbeda saat hari belanja online nasional, kita bisa dengan gila-gilaan nego barang-barang yang ada di sana.
Bukalapak memerhatikan semua aspek perbelanjaan online.

Dari mulai diskon, keamanan, kualitas, hingga kebolehan kita sebagai pembeli memperoleh harga terbaik dengan nego. Sebagai pembeli cerdas, apalah artinya diskon banyak tapi kekurangannya tak bisa diatasi. Dan betapa borosnya bila tak ada diskon besar harbolnas meskipun situs aman terkendali.

Continue Reading

Advertorial

Inilah 3 Kesalahan Fatal yang Harus Dihindari dalam Memilih Tempat Kursus Inggris

Published

on

EF

Bahasa Inggris mulai diperkenalkan kepada siswa pada saat menginjak bangku sekolah dasar, hingga sampai ke jenjang perguruan tinggi tetap masuk dalam kurikulum pendidikan. Bukan tanpa alasan, melainkan karena memang bahasa yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat dalam bersosialisasi, umumnya adalah hidup di era globalisasi seperti sekarang ini.

Bahkan tak jarang diantaranya anak-anak yang memutuskan untuk mengambil les tambahan di luar hanya untuk mengasah kemampuannya agar jadi semakin meningkat. Apalagi bagi mereka yang memang memiliki keinginan untuk bekerja pada sebuah pekerjaan benefit yang skalanya internasional, sudah menjadi sebuah kewajiban untuk memiliki nilai TOEFL paling tidak 550.

 

Jangan khawatir karena nyatanya ada banyak sekali diantara lembaga kursus yang menawarkan les bahasa Inggris berkualitas, salah satu diantaranya adalah dari English First, cek langsung program bahasa Inggris untuk kebutuhan bisnis disini https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/courses/business-english.

Sebenarnya jika berbicara mengenai program les bahasa Inggris ini sendiri, agaknya memang banyak sekali diantara masyarakat yang salah dalam memilih tempat atau lembaga bimbingan, berikut ini beberapa jenis kesalahan dalam memilih tempat kursus bahasa Inggris yang hendaknya dihindari, yaitu:

  1. Tidak mempertimbangkan keberadaan garansi, garansi ini sangat pentig karena takutnya setelah les cukup lama, memakan banyak biaya dan juga waktu, namun target skor TOEFL tak terlampaui. Tentunya Anda sendiri nantinya yang akan rugi.
  2.  Tidak melihat sarana dan prasarana juga tenaga pengajar yang mereka gunakan, ini juga termasuk hal yang sangat penting untuk dilihat, karena kenyamanan dalam belajar, begitu juga dengan efektifitasnya sangat ditentukan dari sarana prasarana, juga tenaga pengajar yang mereka pekerjakan.
  3. Tidak mempertimbangkan jam belajar, artinya setiap program les bahasa inggris ini memiliki durasi belajar yang berbeda-beda, untuk mereka yang sibuk terkadang juga tidak bisa mengikuti kelas setiap hari, kecuali jika jadwal belajar ada saat weekend, tentunya akan sangat sayang bukan.

Jadi jangan sampai melakukan 3 kesalahan di atas agar mendapatkan tempat les Inggris yang benar-benar berkualitas.

Continue Reading
Advertisement
Pasang Iklan : Zonamedia.net

Title

Dadalala4 months ago

Harga Piring Lidi Murah, Hanya Rp65.000 Per Kodi, Mau?

Jual Piring Lidi – Sobat Batu Media, di era yang serba cepat dan instan saat ini, segala sesuatu tentu tidak...

Boneka Kodok Ijo Boneka Kodok Ijo
Dadalala2 years ago

Mau Boneka Kodok Ijo Lucu Harga Murah? Klik Disini!

Jual Boneka Kodok – Sist ada boneka kodok ijo? aku mau dunk untuk hadiah ulang tahun adik aku. Yap, begitulah...

Boneka Ikan Boneka Ikan
Dadalala2 years ago

Jual Boneka Ikan Finding Nemo Lucu di Dadalala.com

Boneka Ikan Nemo – Dimana sih toko online penjual boneka ikan Finding Nemo yang lucu dengan harga murah? Ya pasti di...

Grosir Uleg Grosir Uleg
Dadalala2 years ago

Jual Ulekan Kayu Glugu, Bisa Ecer dan Grosir – Pengrajin Uleg Kayu

Grosir Uleg Kayu – Kota Wisata Batu, selain terkenal dengan banyaknya destinasi wisata buatan seperti Jatimpark 2 (Museum Satwa dan...

Jual Talenan Hias Jual Talenan Hias
Dadalala2 years ago

Jual Talenan Hias Decoupage dan Grosir Talenan Kayu Termurah

Jual Talenan – Bingung cari toko online yang menjual talenan hias di Kota Malang yang bisa kirim keseluruh kota di Indonesia?...

Grosir Gantungan Kunci Danbo Grosir Gantungan Kunci Danbo
Dadalala2 years ago

Gantungan Kunci Danbo Murah, Grosir, Ecer, Reseller Ready Stock

Jual Gantungan Kunci Danbo – Boneka Danbo? hemm siapa sih yang tidak mengenal karakter imut yang berasal dari Jepang ini,...

Miniatur Drum Miniatur Drum
Dadalala4 years ago

Dadalala, Toko Online Boneka dan Perlengkapan Dapur

Dadalala.com – Mau beli boneka spongebob tapi gak tau dimana tempatnya? mau belanja perlengkapan dapur secara grosir tapi tidak tahu...

Boneka Sapi Krem Boneka Sapi Krem
Dadalala4 years ago

Jual Boneka Sapi Online Murah, Lokasi di Malang

Jual Boneka Sapi – Buat yang lagi nyari kado buat ulang tahun pacar, sahabat atau sang buah hati tercinta, mungkin...

Bantal Love Warna Pink Bantal Love Warna Pink
Dadalala4 years ago

Bantal Boneka Love Warna Pink Harga Murah, Mau?

Boneka Bantal Love – Bagi seorang cewek, terutama yang masih berada di usia remaja, mengoleksi boneka menjadi suatu kewajiban. Tidak heran...

Berita

Trending