Dadalala Shopee
Menu Click to open Menus
Home » Advertorial » Bolehkah Minum Air Kelapa Saat Sakit Maag?

Bolehkah Minum Air Kelapa Saat Sakit Maag?

(355 Views) September 24, 2020 6:36 pm | Published by | No comment

Maag membuat penderitanya harus pandai mengatur pola makan serta gaya hidupnya sehari-hari. Ada berbagai pantangan makanan hingga kebiasaan yang harus dihindari jika kamu memiliki penyakit maag.

Contohnya sakit maag tiba-tiba menyerang jika kamu melakukan hal-hal yang memicunya, seperti berbaring setelah makan, makanan dengan porsi besar maupun terburu-buru.

Selain itu, maag juga bisa kambuh ketika kamu mengkonsumsi minuman yang seharusnya dipantang seperti jus jeruk, lemon, jeruk nipis, kopi, atau alkohol. Lantas, bagaimana dengan air kelapa? Bolehkah minum air kelapa saat sakit maag? Untuk mengetahuinya, yuk simak manfaat air kelapa dan amankah untuk dikonsumsi penderita maag?

Manfaat Air Kelapa

Perlu diketahui bahwa air kelapa memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Air kelapa mengandung elektrolit yang juga diperlukan bagi tubuh sehingga selain dapat menyegarkan, air dari buah yang satu ini memiliki kandungan manfaat lho. Apa saja manfaat air kelapa? bolehkah diminum saat maag? Yuk cari tahu jawabannya!

Mengatasi Masalah Pencernaan

Sejak zaman dahulu, air kelapa sudah dipercaya bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan. Misalnya ketika anak sedang diare, konstipasi, cacingan dan memiliki gangguan pencernaan lainnya, orang tua biasanya akan memberikan air kelapa untuk diminum sang anak.

Kandungan asam amino, mineral serta asam lemak di dalam air kelapa membuatnya memiliki osmolaritas yang tinggi. Oleh sebab itulah air kelapa sangat diperlukan bagi seseorang yang sedang diare karena dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang selama diare menyerang.

Dadalala

Tidak hanya itu, air kelapa juga mengandung beberapa enzim yang berguna untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan. Enzim yang dimaksud adalah diastase, fosfatase, katalase,dehidrogenase, RNA-polimerase, diastase, peroksidase dan enzim lainnya.

Mencegah Dehidrasi

Seperti yang bisa kita lihat bahwa beberapa produsen minuman membuat produk air kelapa dalam kemasan. Bukan tanpa alasan, perusahaan tersebut mengklaim bahwa produk air kelapa kemasan tersebut dapat mengganti elektrolit tubuh yang hilang. Daripada minum air kelapa kemasan, lebih baik konsumsi air kelapa yang langsung dari buahnya bukan?

Air kelapa memiliki kandungan natrium dan klorida rendah serta tinggi asam amino dan gula. Dilansir dari alodokter.com, setiap 100 ml air kelapa hanya menghasilkan 18,9 kilo kalori serta 1,5 gram gula. Kandungan zat tersebut merupakan kombinasi yang pas untuk mencegah tubuh dari dehidrasi.

Selain itu, kandungan kalium di dalam kelapa bermanfaat untuk menjaga tekanan air dalam sel dan darah. Minuman menyegarkan yang satu ini juga mudah diserap tubuh. Berbagai kondisi tersebut akhirnya membuat tubuh terhindar dari risiko dehidrasi.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Batu Ginjal

Air kelapa dapat menurunkan kadar kolesterol serta trigliserida sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian pun mengungkapkan bahwa air kelapa memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya penumpukkan kalsium, oksalat, dan sebagainya sehingga dapat mengurangi risiko batu ginjal. Meskipun demikian, hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Mengurangi Berat Badan

Ketika kamu sedang berjuang menurunkan berat badan, biasanya kamu disarankan untuk menghindari minuman berasa. Eits, kamu tetap boleh lho minum air kelapa meskipun terdapat rasa di dalamnya. Seperti yang sudah dibahas di atas bahwa air kelapa hanya mengandung sedikit kalori sehingga aman untuk dikonsumsi bagi seseorang yang sedang menurunkan berat badannya.

Mengurangi Risiko Maag

Dilansir dari hellosehat.com bahwa air kelapa memiliki kandungan senyawa aktif yang dapat menetralkan kadar asam lambung. Kandungan tanin yang terdapat pada air kelapa juga dapat mengurangi peradangan pada lambung sehingga meminimalisir gejala maag yang timbul. Dengan demikian, air kelapa boleh dan sangat aman diminum saat sakit maag.

Selain minum air kelapa saat sakit maag, kamu juga bisa mengkonsumsi obat antasida seperti promag untuk hasil yang optimal. Lekas sembuh ya!

Tags: , ,
Categorised in:

No comment for Bolehkah Minum Air Kelapa Saat Sakit Maag?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *