MotoGP
Menu Click to open Menus
Home » Advertorial » Tips Mengatasi Luka Borok Susah Sembuh Diabetes

Tips Mengatasi Luka Borok Susah Sembuh Diabetes

(96 Views) December 19, 2019 9:00 am | Published by | No comment

Siapa yang ingin mempunyai luka atau borok yang diakibatkan oleh penyakit diabetes? Semua orang di dunia ini pasti ingin sehat selalu. Karena luka yang diakibatkan oleh diabetes memiliki masa penyembuhan yang lebih lama apabila dibandingkan dengan luka pada orang sehat.

Bahkan bila tidak ditangani dengan tepat salah satunya adalah obat mual muntah terpercaya resep dokter yang sering diberikan pada pasien diabetes, maka luka atau borok pada seseorang yang mengalami diabetes dapat terus menyebar hingga berakhir dengan penanganan amputasi.

Apa penyebab luka pada diabetes sulit untuk disembuhkan?

Penyebab utama dari kenapa luka diabetes sulit untuk disembuhkan adalah karena kadar gula darah yang tinggi dan jauh dari kata normal. Hal tersebutlah yang menjadi penyebab akan memburuknya sirkulasi darah. Dan sirkulasi darah yang buruk tersebut akan menghambat aliran darah ke kulit yang dibutuhkan untuk mengobati luka.

Yang pada akhirnya luka pada seseorang yang mengalami diabetes akan tetap terbuka, basah, dan sulit untuk disembuhkan bahkan sampai berbulan-bulan. Sedang luka yang terbuka memiliki risiko yang tinggi terserang akan infeksi jamur, infeksi bakteri, atau timbul gangren.

Bagaimana cara merawat luka yang terbuka pada penyakit diabetes?

Adapun cara untuk merawat luka pada penderita diabetes adalah sebagai berikut:

● Rajin untuk dibersihkan
Meskipun luka terlihat menjijikan, jangan pernah sungkan untuk membersihkan luka setiap saat. Siram luka pada air yang mengalir, basuh pinggiran luka dengan sabun khusus, kemudian keringkan. Setelah kering, jangan lupa diberikan salep antiseptik untuk menjaga agar tidak ada jamur yang menempel.

● Mengurangi tekanan pada luka
Ada baiknya tidak menekan luka yang terbuka pada diabetes. Karena tekanan tersebut dapat menyebabkan luka menjadi lama untuk sembuh. Bila luka terdapat pada telapak kaki, sebaiknya berikan bantalan pada telapak kaki, dan tetap untuk tidak melakukan aktivitas yang dapat menekan luka.

● Tanda-tanda infeksi pada luka diabetes
Adapun gejala yang tampak pada saat luka terinfeksi adalah dapat berupa timbulnya rasa sakit, kemerahan, atau terasa hangat. Selain itu juga infeksi biasa ditandai dengan luka yang berair.

Bila luka terasa semakin parah, maka sebaiknya segera bawa pasien ke rumah sakit. Dengan demikian akan diberikan perawatan yang lebih intensif dimana akan diberikan pengobatan yang akan mengobati luka pada pasien diabetes.

Tags: , ,
Categorised in:

No comment for Tips Mengatasi Luka Borok Susah Sembuh Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *