MotoGP
Menu Click to open Menus
Home » Advertorial » Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Obligasi Disini!

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Obligasi Disini!

(27 Views) November 26, 2019 6:21 pm | Published by | No comment

Pengertian obligasi menurut keppres RI 775/KMK/001/1982 adalah jenis efek berupa pengakuan utang atas pinjaman uang dari masyarakat dalam bentuk tertentu, untuk jangka waktu sekurangnya 3 tahun dengan menjanjikan imbalan bunga dalam jumlah tertentu yang dapat diklaim pada saat akhir jangka waktu, sama seperti klaim asuransi online pada saat terkena resiko.

Obligasi memiliki karakteristik yaitu nilai obligasi yaitu besar dana yang dibutuhkan, jangka waktu obligasi yaitu lamanya jatuh tempo obligasi sekitar 1 hingga 10 tahun. Karakteristik selanjutnya adalah principal dan coupon rate adalah besaran uang yang dibayarkan oleh penerbit obligasi. Dan jadwal pembayaran yang dilakukan oleh penerbit obligasi secara berkala.

Obligasi

Kelebihan Obligasi

  1. Bunga atau kupon obligasi yang didapatkan jumlahnya lumayan banyak dibandingkan dengan bunga deposito bank. Baik dengan jenis kupon tetap (fixed coupon) dan kupon mengambang (floating coupon).
  2. Obligasi mudah untuk diperjual belikan di pasar sekunder dengan mekanisme sesuai dengan Bursa Efek Indonesia.
  3. Selain bunga atau kupon, pemilik obligasi mendapatkan keuntungan juga dari capital gain, yaitu selisih harga obligasi ketika dibeli dan dijual.
  4. Obligasi dapat dijadikan agunan kredit atau untuk membeli instrument aktiva.
  5. Obligasi adalah investasi yang aman karena dijamin oleh pemerintah dan undang undang.

Kekurangan Obligasi

  1. Pada obligasi yang tidak diterbitkan oleh pemerintah, terdapat resiko gagal bayar dan menyebabkan tidak mendapatkan bunga dan bisa kehilangan obligasi.
  2. Obligasi kondisinya tidak stabil karena mudah terpengaruh ekonomi, suku bunga, dan situasi politik.
  3. Jika dijual sebelum jatuh tempo, harga jual obligasi akan lebih rendah dari harga beli.

Beberapa langkah ini harus Anda lakukan sebagai panduan cara membeli obligasi. Yang pertama adalah Anda harus memiliki rekening untuk memudahkan transaksi. Selanjutnya, Anda harus memahami produk obligasi yang akan Anda beli dan kemudian lakukan analisis.

Jika Anda sudah menentukan pilihan, lakukan pembelian melalui trader atau broker. Jika sudah menentukan pilihan, siapkan dana investasi untuk melakukan pembayaran obligasi. Bayarkan secara tepat waktu sehingga Anda tidak terkena penalti.

Pembayaran obligasi dapat Anda lakukan melalui transfer sehingga mudah dan cepat untuk dilakukan. Jika pembayaran sudah dilakukan, maka pembukuan akan dilakukan oleh perusahaan.

Tags: , ,
Categorised in:

No comment for Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Obligasi Disini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *