MAU Sepatu Boot Pria? -Klik Disini-

Banner Liga 1 Indonesia

Cara Ngecas Speaker Bluetooth Agar Tidak Cepat Rusak

Saat ini teknologi telah berkembang sangat pesat, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya teknologi canggih yang dikembangkan oleh berbagai vendor elektronik dalam produknya. Salah satunya seperti speaker, yang kini telah mulai berevolusi semakin canggih dengan hadirnya speaker Bluetooth.

Ya, jenis speaker Bluetooth terbaru ini telah menggunakan Bluetooth untuk terhubung ke perangkat audio, bukan menggunakan kabel lagi.

Sejak awal, speaker memang diciptakan dengan kabel untuk terhubung ke media audio. Namun dengan banyaknya kendala ketika digunakan, seperti kesusahan dalam penggunaan karena membutuhkan arus listrik untuk memasangkannya, apalagi jika kabel speaker pendek, maka area jangkauannya juga tak bebas.

Speaker

Dengan hal demikian lah, maka diciptakan sebuah inovasi baru untuk membuat speaker Bluetooth terbaru tanpa menggunakan kabel sama sekali. Dengan inovasi tersebut, maka koneksinya diganti dengan frekuensi jarak pendek atau PAN (Personal Area Network) yang berupa Bluetooth.

Dengan tidak adanya kabel sebagai penghubungnya, maka speaker Bluetooth terbaru dianggap lebih praktis dan efektif digunakan. Selain itu, karena speaker Bluetooth ini tak menggunakan kabel sebagai penghubungnya, maka penunjang aktivasi speaker menggunakan baterai isi ulang, sehingga  penggunaannya juga lebih mudah.

Seperti halnya dengan perangkat lain yang menggunakan baterai sebagai aktivasinya, maka bukan hal yang tak mungkin pula jika baterai speaker Bluetooth bisa mengalami kerusakan jika penggunaannya salah. Apalagi saat melakukan isi ulang cara yang dilakukan salah, maka dapat merusak baterai secara cepat.

Lalu bagaimana cara isi ulang yang baik pada baterai speaker Bluetooth agar tak mudah? Berikut diantaranya:
  • Perhatikan Daya Baterai
Ketika sedang menggunakan speaker Bluetooth terbaru Anda, pastikan selalu memperhatikan daya baterai yang tersisa. Sebab waktu yang paling tepat untuk mengisi baterai adalah ketika daya telah sedikit atau setidaknya daya yang tersisa masih 10%.

Dengan demikian, pastikan Anda jangan sampai kehabisan daya, atau mengisinya ketika daya masih banyak. Karena hal tersebut dapat memperpendek daya tahan baterai.
  • Matikan Speaker Bluetooth Ketika Pengisian Ulang
Seperti halnya dengan perangkat lain, speaker Bluetooth yang dimainkan ketika sedang pengisian daya, maka dapat merusaknya. Sehingga pastikan jangan menggunakan speaker ketika diisi ulang, atau bahkan lebih baik dimatikan saja.
  • Pengisian Menggunakan Micro USB
Jenis speaker Bluetooth ini cara pengisiannya adalah dengan menancapkan micro USB port yang terdapat pada perangkat. Sehingga Anda bisa menggunakan charger USB secara langsung atau melalui perangkat lain. Dan pastikan pemasangannya secara benar.
  • Jangan Terlalu Lama Dalam Pengisiannya
Untuk menghindari terjadinya overload, maka pastikan Anda tidak terlalu lama dalam melakukan pengisian. Sehingga jika baterai telah penuh segera dilepas. Untuk menghindari overload, maka Anda bisa mengira-ngira berapa jam waktu untuk pengisian, sehingga jika yang ditentukan telah dilalui pastikan segera hentikan pengisian.

Mungkin cara mengisi baterai speaker Bluetooth terbaru Anda tersebut dianggap sepele, padahal sebenarnya hal tersebut merupakan hal yang wajib dilakukan. Sebab dari terlupakannya hal kecil tersebutlah muncul berbagai kerusakan terhadap speaker Bluetooth.

Berbeda dengan speaker konvensional, maka perawatan speaker Bluetooth juga berbeda,  butuh kehati-hatian ekstra supaya speaker Bluetooth dapat berfungsi dengan optimal dan tak mudah rusak. Nah, untuk memperpanjang waktu pemakaian, maka beberapa tips merawat speaker Bluetooth agar tak mudah rusak yang bisa Anda lakukan yakni:
  1. Usahkan ketika penggunaan pertama pengisian baterai dilakukan selama 2.5 jam atau hingga penuh. Sedangkan untuk perawatan selanjutnya bisa dilakukan dengan melakukan pengisian selama 2 jam atau hingga daya telah terisi penuh. Hal tersebut berguna untuk menghindari terjadinya kerusakan terhadap baterai secara cepat.
  2. Ketika speaker Bluetooth sedang tidak digunakan, sebaiknya matikan secara total.
  3. Ketika digunakan, pastikan tidak terkena air. Sebab air dapat merusak bagian internal speaker Bluetooth, yang akan membuatnya berkarat.
  4. Tidak menggunakannya dalam volume batas maksimal, sebab dapat menurunkan kualitas suara.
Merawat speaker Bluetooth terbaru yang Anda miliki memang bisa dikatakan mudah. namun jika hal-hal kecil tersebut dilupakan atau diabaikan maka bukan hal yang tak mungkin jika akan memicu terjadinya kerusakan. Jadi, pastikan Anda menggunakan speaker Bluetooth dengan cara yang telah dijelaskan di atas agar memperpanjang waktu pemakaian.

Advertisement
BAGIKAN:

+1