PROMO! PEMOTONG BAWANG MURAH -Klik Disini-

Banner Liga 1 Indonesia

Ragam Kebudayaan Masyarakat Indonesia Saat Idul Fitri

Advertisement
Hari raya idul fitri merupakan salah satu hari besar keagamaan bagi umat muslim. Umat muslim yang telah menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh. Perayaan hari raya idul fitri di Indonesia sendiri dirayakan secara suka cita dan meriah dibandingkan hari raya keagaman umat islam lainnya.

Hal tersebut memanglah sebuah kebudayaan yang telah diturunkan oleh nenek, kakek, ibu, dan ayah masyarakat kemudian di contoh oleh keturunannya hingga kini. Sehingga kebudayaan tersebut terus berjalan hingga saat ini.

Begitu banyak budaya masyarakat Indonesia yang selalu dilakukan pada saat hari raya idul fitri. Pada kesempatan ini kami akan menjelaskan beberapa kegiatan yang selalu dilakukan oleh masyarakat Indonesia sehingga menjadi kebiasaan. Beberapa diantaranya, yakni:
  • Kegiatan mudik
Ilustrasi Mudik

Salah satu kebudayaan yang selalu dilakukan oleh masyarakat Indonesia menjelang hari raya idul fitri yaitu mudik kekampung halamannya. Menurut wikepedia mudik di Indonesia identic dengan tradisi tahunan idul fitri karena selalu berlangsung setiap tahunnya dan pada saat idul fitri. Kegiatan mudik itu sendiri merupakan kegiatan perantau / pekerja migram untuk kembali ke kampong halaman.

Perantau akan melakukan kegiatan mudik ini meskipun harga tiket transportasi yang akan digunakan pastinya mengalami kelonjakan. Namun hal tersebut tidak menyulutkan semangat tinggi para pemudik untuk dapat berkumpul dengan sanak saudara untuk melepas rindu ataupun bersilahturahmi dengan keluarga besar lainnya.

Masyarakat melakukan mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun dengan kendaraan umum. Lebih banyak masyarakat memilih menggunakan kendaraan pribadinya untuk mudik karena merasa lebih nyaman dan terkesan lebih santai. Lalu bagaimana dengan anda, saat musim mudik anda memilih menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum?
  • Membeli baju lebaran keluarga
Belanja Baju

Pada dasarnya masyarakat umat islam di Indonesia yang akan merayakan hari raya idul fitri memiliki sebuah kebudayaan yang selalu di lakukan yaitu membeli baju lebaran keluarga terbaru dikenakan pada hari raya berkeliling ke rumah sanak saudara.

Budaya membeli baju lebarang baru sudah di turunkan oleh orang tua pada jaman dulu kepada anak-anak dan cucu-cucunya hingga saat ini. Akan tetapi kegiatan membeli baju lebaran keluarga terbaru ini juga merupakan sebuah tanda pribadi manusia ynag kembali menjadi fitri lagi sehingga perumpamaan baju baru itu menjadi simbolik hal tesebut namun, seperti yang kita ketahui bahwa harga pakain ataupun kebutuhan lainnya pada saat hari raya idul fitri atau menjelang hari besar lainnya akan selalu  mengalami kenaikan bahkan hingga dua kali lipat.

Oleh karena itu, meskipun memang hal tesebut sudah menjadi budaya yang selalu dilakukan tiap tahunnya anda sebagai pembeli harus tetap menjadi pembeli pintar. Anda harus memperhitungkan berapa pengeluaran anda dan keluarga seminimnya jangan sampai hanya karena untuk menyambut hari raya idul fitri isi dompet dan tabungan anda terkuras cukup banyak.
  • Membagikan THR (tunjangan hari raya)
THR

Hari raya tidak akan lepas dengan sebuah kegiatan membagikan thr (tunjangan hari raya). Thr adalah hak pendapatan pekerja wajib dibayarkan oleh pengusaha kepada pekerja menjelang hari raya keagamaan yang berupa uang.

Budaya memberikan thr bukan hanya di lakukan oleh perusahaan pada pekerjanya saja namun, seseorang ke pada sanak saudaranya entah itu berbentuk uang ataupun barang. Thr ini merupakan kegiatan yang sudah membudidaya dan menjadi salah satu penyebab pengeluaran anda juga membengkak. Jadi berapa budget yang selalu anda siapkan untuk kegiatan ini setiap tahunnya? Semoga tidak sampai menguras dompet dan tabungan anda terlalu parah.

Sekian informasi mengenai beberapa kegiatan yang selalu dilakukan pada saat hari raya idul fitri sehingga telah menjadi budaya di masyarakat Indonesia termasuk budaya unik seperti membeli baju lebaran keluarga terbaru. Semoga bermanfaat untuk anda sehingga dapat mempersiapkan tabungan anda jauh-jauh hari agar tidak terkuras habis pada saat hari raya idul fitri yang sebentar lagi datang.

Advertisement
BAGIKAN:

+1