LIVE! Liga 1 Indonesia -Klik Disini-

Banner Liga 1 Indonesia

Waduk Cengklik, Wisata Air Favorit di Jawa Tengah

Advertisement
Waduk Cengklik - Menikmati wisata air di Waduk Cengklik memang mengasyikkan. Waduk yang terletak di Boyolali, Jawa Tengah ini, memiliki pemandangan yang indah hingga banyak diabadikan dalam jepretan kamera para fotografer. Saat matahari terbit dan tenggelam, banyak orang yang senang melihat keindahan sunrise maupun sunset.

Waduk Cengkilk memang menyimpan banyak potensi, sehingga layak menjadi obyek wisata air favorit. Waduk yang letaknya tidak jauh dari kota Solo ini, dapat dikunjungi dengan menggunakan rental mobil di Solo.

Waduk Cengklik

Potensi Wisata di Waduk Cengklik

Waduk Cengklik dibangun tahun 1926 hingga 1928, pada masa Belanda. Awalnya waduk ini difungsikan sebagai sarana irigasi. Tetapi kini, masyarakat banyak yang memanfaatkannya untuk melakukan budidaya ikan dalam keramba.

Selain itu, wisata air di tempat ini juga berkembang pesat, dengan munculnya beraneka ragam aktivitas wisata. Kedua aktivitas ini saling mendukung, menghasilkan potensi wisata yang mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar. Potensi-potensi wisata tersebut adalah:
  • Olahraga dan rekreasi air
Jika berwisata ke Waduk Cengklik, wisatawan dapat melakukan olahraga air seperti jetski. Melakukan jetski di waduk ini memang sangat mengasyikkan, karena luas waduknya yang memungkinkan untuk melakukan banyak manufer.

Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati rekreasi air dengan menaiki perahu motor ataupun perahu tempel. Di tengah waduk, akan terlihat banyak sekali ikan yang dipelihara masyarakat sekitar dengan menggunakan keramba. Anak-anak dapat memberikan makan pada ikan-ikan tersebut, dan mendapatkan pengalaman tersendiri.
  • Keindahan pemandangan
Keindahan pemandangan di Waduk Cengklik memang tidak diragukan lagi. Pulau-pulau kecil yang ada di tengahnya memberikan kesan tersendiri jika dilihat dari tepi waduk. Banyak wisatawan yang duduk-duduk disana untuk dapat menikmati pemandangan tersebut, ataupun menjalin keakraban dengan keluarga dan kerabat.

Banyak juga wisatawan dan fotografer yang sengaja datang di pagi dan senja hari, untuk mengabadikan saat-saat matahari terbit dan tenggelam yang terlihat sangat indah. Bagi yang hobi mancing, Waduk Cengklik merupakan tempat yang tepat untuk menyalurkannya.
  • Wisata kuliner
Menikmati wisata kuliner di Waduk Cengklik tentu sangat menagsyikkan. Terdapat banyak warung dan restoran yang bisa dipilih sesuai dengan selera. Untuk menu makanannya, wisatawan dapat menikmati aneka olahan ikan yang ditangkap langsung dari waduk.

Karena ikan itu baru di tangkap, maka kondisinya masih sangat segar dengan rasa yang nikmat. Selain makanan dari ikan, wisatawan juga dapat menemui masakan khas Boyolali lainnya, seperti Tengkleng dan Soto Bening.

Waduk Cengklik berada di Ngargorejo, Boyolali, Jawa Tengah. Dari kota Solo, tempatnya juga tidak terlalu jauh, hanya 1,5 km dari Bandar Udara Adi Sumarmo. Lokasinya tidak sulit untuk ditemui, baik dengan kendaraan umum ataupun pribadi.

Tetapi tentu saja, sewa mobil Solo merupakan sarana transportasi yang paling baik. Karena jika menggunakan kendaraan umum, setelah menumpang angkot dengan jurusan bandara, masih harus berjalan kaki lagi untuk dapat mencapai waduk ini.

Jika menggunakan kendaraan sewaan, maka dari kota Solo cukup berkendara ke arah Boyolali atau menuju barat. Waduk Cengklik telah bisa kita temui ketika kendaraan sudah mengarah ke Bandar Udara Adi Sumarmo. Untuk memperoleh kendaraan yang nyaman dan sesuai dengan keinginan, rental mobil wilayah Solo tersebut sebaiknya dipesan melalui docar.co.id.

Situs ini akan memandu kita untuk melakukan pemesanan secara online dengan mudah dan praktis. Yang lebih penting lagi, kita dapat memperoleh harga yang sangat menarik. Docar membantu hadir di 13 Kota, diantaranya : Solo, Jogja, Semarang, Jakarta.

Rental mobil wilayah Solo merupakan transportasi paling baik menuju lokasi wisata air di Waduk Cengklik. Rental mobil ini bisa dipesan melalui docar.co.id secara online.

Iklan di Batumedia.com
Advertisement
BAGIKAN:

+1