LIVE! Indonesia vs Vietnam, 3 Desember 2016 - 19.00 WIB "Klik Disini"
LIVE! Bali United vs Arema, 3 Desember 2016 - 19.00 WIB "Klik Disini"
LIVE! El Clasico Barca vs Madrid, 3 Desember 2016 - 22.00 WIB "Klik Disini"

Niat Puasa Idul Adha (Tarwiyah dan Arafah) 8-9 Dzulhijjah

Advertisement
Niat Idul Adha - Kapan puasa tarwiyah dan arafah dilaksanakan pada tahun 2016 ini? Bagaimana bacaan lafadz niat puasa pada tanggal 8-9 Dzulhijjah yang benar? Apa dalil yang menjelaskan tentang keutamaan dan hukum puasa tarwiyah dan arafah? Disini jawabannya!

Puasa tarwiyah akan dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah di bulan hijriyah. Tahun ini puasa tarwiyah dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 10 Septermber 2016. Sedangkan puasa arafah jatuh pada hari Minggu, 11 September 2016 atau bertepatan pada tanggal 9 Dzulhijjah. Dua puasa ini biasa disebut juga dengan Puasa Idul Adha.

Gambar Selamat Hari Raya Idul Adha : Batumedia.com

Tata cara melaksanakan puasa tarwiyah dan arafah mirip seperti Puasa Ramadhan, Puasa Sya'ban, Puasa Rajab, Puasa Tasu'a dan Asyura, Puasa Senin Kamis, Puasa Nabi Daud serta puasa-puasa sunnah yang lainnya, bedanya hanya terletak pada bacaan lafadz niat puasa sunnah tersebut.

Lantas bagaimana bacaan lafadz niat puasa tarwiyah dan arafah dalam bahasa arab dan latin, serta terjemahannya dalam bahasa Indonesia? Nah berikut ini tulisan niat Puasa Tarwiyah dan Arafah yang benar.

Lafadz Niat Puasa Tarwiyah

نويت صوم ترويه سنة لله تعالى 

Bahasa Latin: Nawaitu shauma tarwiyah, sunnatal lillahi ta'ala
Terjemahan: "Saya niat puasa tarwiyah, sunnah karena Allah ta'ala"
Advertisement

Lafadz Niat Puasa Arafah

نويت صوم عرفة سنة لله تعالى

Bahasa Latin: Nawaitu shauma arafah, sunnatal lillahi ta'ala
Terjemahan: "Saya niat puasa Arafah, sunnah karena Allah ta'ala"

Mungkin ada yang bertanya-tanya, kenapa kita harus menjalankan ibadah Puasa Sunnah Tarwiyah dan Arafah? Apa dalil menjalankan ibadah puasa sebelum hari raya Idul Adha ini?

Puasa Arafah sangat dianjurkan untuk dijalankan oleh umat muslim semua. Ada dua hadist shahih tentang puasa tarwiyah dan arafah yang dijadikan pijakan untuk menjalakan puasa sunnah tersebut, seperti hadist dari Ibnu Abbas berikut ini:

مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ، يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْر. رواه  البخاريِ

"Tidak ada hari yang didalamnya terdapat amal saleh yang lebih dicintai Allah kecuali pada sepuluh hari ini (maksudnya 10 hari bulan Dzulhijjah). (HR. Bukhori)

Serta hadis riwayat Imam Ahmad dan an-Nasa'i berikut ini:

عن حفصة قالت : أرْبَعٌ لَمْ يَكُنْ يَدْعُهُنَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ صِيَام عَاشُوْرَاءَ والعَشْر وثَلَاثَة أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْر والرَّكْعتَيْنِ قَبْلَ الغَدَاة. (رواه احمد والنسائي)ِ

"Dari Hafsah Ra: Ada empat perkara yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah SAW yaitu puasa Asyura (10 Muharram), sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, tiga hari setiap bulan dan dua rakaat sebelum pagi".

Dua hadis di atas menunjukkan bahwa puasa Tarwiyah disunnahkan sebab termasuk amal saleh yang dianjurkan di sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah.
Begitu jelas kiranya bahwa dua puasa tersebut memiliki dalil yang kuat, sehingga kita tidak perlu menggubris mereka yang ngotot mengatakan puasa Tarwiyah dan Arafah adalah bid'ah yang sesat. Wallahu a'lam.

Jamaah Haji Wukuf : Batumedia.com

Satu hal yang perlu di ingat adalah, setelah menjalankan puasa pada tanggal 8-9 Dzulhijjah, umat muslim tidak diperkenankan untuk menjalankan puasa sunnah apapun di tanggal 11-12-13 Dzulhijjah atau tiga hari kedepan setelah penyembelihan hewan qurban, karena hari itu masuk pada kategori hari tasyrik.

Pada hari tasyrik jamaah haji  di Mekkah sedang melaksanakan ritual melempar jumrah, dan hari itu pula dimana umat Islam di seluruh dunia tengah sibuk menyembelih hewan kurban. Hari tasyriq, hari tasrek atau hari tasyrik di tahun 2016 ini jatuh pada tanggal 13-14-15 September 2016.

Baca juga:
Advertisement
BAGIKAN:

+1