LIVE! Indonesia vs Vietnam, 3 Desember 2016 - 19.00 WIB "Klik Disini"
LIVE! Bali United vs Arema, 3 Desember 2016 - 19.00 WIB "Klik Disini"
LIVE! El Clasico Barca vs Madrid, 3 Desember 2016 - 22.00 WIB "Klik Disini"

Jangan Bingung, Ini Solusi Ketika Perut Bayi Kembung

Advertisement
Zwitsal Baby Oil - Namanya orang tua pasti akan pusing jika bayinya sakit, meskipun itu adalah sakit umum seperti pilek, flu, kembung maupun diare. Nah akan lebih bingung lagi jika Anda memiliki bayi yang baru lahir tapi perutnya kembung.

Lantas bagaimana cara mengatasi perut kembung pada bayi? Sebenarnya kembung pada bayi usia 3 sampai 4 bulan adalah hal yang wajar, karena memang saluran pencernaannya belum berfungsi sempurna.

Bayi rewel

Namun masalahnya adalah ketika perut bayi kembung, maka bayi akan cenderul rewel dan sering menangis, hal ini menjadi kepanikan tersendiri bagi orang tua. Nah untuk saat ini ada baiknya Anda wajib mengetahui apa saja penyebab perut bayi kembung dan bagaimana cara mengatasinya.

Sebagian besar perut bayi kembung diakibatkan oleh banyaknya udara yang masuk ketika bayi meminum susu atau ASI baik melalui dot botol maupun secara langsung. Ketika udara di dalam perut meningkat maka akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman bagi bayi.

Bagi bayi yang telah mengkonsumsi makanan pendamping ASI, orang tua wajib untuk memilih makanan yang banyak memiliki kandungan gas seperti kembang kol, kubis, kentang, asparagus, kacang-kacangan dan brokoli.

Sayuran Sehat yang Mengandung Gas

Selain olaharan sayuran diatas beberapa jenis makanan ini sebaiknya dihindari:
  1. Makanan yang diolah dengan cara digoreng atau berminyak
  2. Camilan yang memiliki kandungan tepung tinggi, termasuk roti dan biscuit
  3. Makanan yang mengandung banyak garam atau sodium
Selanjutnya, satu hal yang juga menjadi penyebab bayi kembung yang diakibatkan oleh banyaknya udara yang masuk melalui saluran pencernaan adalah kesalahan posisi ketika menyusui. Nah hal-hal seperti inilah yang wajib diketahui oleh orang tua, utamanya bagi seorang ibu.

Sentuhan Ibu

Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk mengatasi perut kembung pada bayi, seperti yang dikutip dari Ayahbunda yaitu membatasi konsumsi buah asam saat menyusui, terutama yang kandungan asamnya tinggi (jeruk, stroberi, dan tomat).

Kurangi konsumsi kacang-kacangan beserta hasil olahannya. Selanjutnya batasi konsumsi olahan susu beserta olahannya seperti yoghurt, es krim, keju, dan mentega, sebab zat laktosa pada susu apabila diuraikan akan menghasilkan gas.

Minyak Telon Zwitsal

Lantas bagaimana jika bayi terlanjur kembung? Anda bisa mengoleskan minyak telon Zwitsal pada perut bayi. Minyak telon Zwitsal terbuat dari bahan alamai yang aman bagi perut bayi. Caranya, oleskan sedikit minyak telon pada bayi kemudian pijat secara lembut agar minyak tersebut merata.

Dengan mengetahui penyebab dan cara mengobati perut kembung pada bayi, diharapkan agar Anda senantiasa tidak panik ketika bayi Anda rewel karena masalah seperti ini.
Advertisement
BAGIKAN:

+1