LIVE! Indonesia vs Vietnam, 3 Desember 2016 - 19.00 WIB "Klik Disini"
LIVE! Bali United vs Arema, 3 Desember 2016 - 19.00 WIB "Klik Disini"
LIVE! El Clasico Barca vs Madrid, 3 Desember 2016 - 22.00 WIB "Klik Disini"

Kenapa Wajib Investasi Perumahan Murah di Jabodetabek?

Advertisement
Perumahan Murah di Jabodetabek - Berbicara mengenai investasi, asset berharga seperti emas tanah, rumah, ruko, dan apartemen merupakan alat investasi yang paling menguntungkan, terlebih jika kita cermat mengikuti perkembangannya.

Di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Tanggerang, Depok dan Bekasi) harga rumah murah di banderol mulai dari Rp120.000.000-an. Namun sebagai catatan, bahwa ini adalah harga yang disarankan oleh pemerintah untuk program sejuta rumah besutan Presiden Jokowi.

Program Sejuta Rumah

Ada persepsi keliru tentang rumah murah di sebagian besar benak masyarakat Indonesia. Rumah murah dari program sejuta rumah BUKAN ajang bagi-bagi rumah secara gratis untuk warga tidak mampu, melainkan rumah yang diperuntukkan bagi MBR tentu dilengkapi sistem KPR subsidi yang meringankan.

Seperti dikutip dari situs Perumnas.co.id, program sejuta rumah pun juga ada batasannya, menurut Kemenpupera (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) jumlah rumah yang di peruntukan bagi MBR atau masyarakat berpenghasilan rendah sebanyak 600.000 rumah.

Sedangkan sisanya sebanyak 400.000 unit rumah diperuntukan bagi masyarakat non-MBR. Mekanisme pembelian rumah ini juga tetap mengacu pada aturan pengembang dan bank selaku penyedia KPR.

Properti Rumah di Perumahan

Nah bagi masyarakat yang tidak termasuk dalam MBR inilah wajib untuk melakukan investasi properti seperti gudang, ruko, apartemen maupun perumahan murah di Jabodetabek. Ada empat tahapan yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli rumah untuk investasi jangka panjang, yaitu:
  1. Observasi lokasi untuk investasi
  2. Cari tahu tentang pengembang
  3. Tentukan pilihan rumah
  4. Tetapkan waktu untuk melakukan investasi
Langkah yang pertama wajib melakukan observasi lokasi, biasanya hal ini akan memakan waktu yang cukup lama, bisa berminggu-minggu. Hal ini terkait dengan pengumpulan data bahwa di sekitar lokasi tempat untuk investasi rumah atau properti lainnya tersebutkan akan menguntungkan dalam jangka panjang atau tidak.

Jika langkah pertama telah di lakukan, maka selanjutnya adalah mencari tahu siapa pengembang perumahan tempat Anda akan membeli rumah disitu. Hal ini wajib dilakukan agar mengetahui secara pasti bagaimana track record dari developer tersebut.

Selanjutnya tentukan pilihan rumah dan juga budget yang dimiliki, baik untuk pembayaran DP maupun angsuran KPR nantinya. Rumah yang dekat dengan fasilitas umum seperti minimarket, tempat ibadah, gerbang pintu masuk dan sekolah tentu memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Investasi Properti Murah

Dan yang terakhir adalah tentukan waktu paling tepat untuk melakukan investasi. Bagaimana kita tahu waktu yang tepat itu? jawabannya adalah jika Anda sudah melakukan observasi lokasi dan hasilnya OKE.

Sudah mengerti bahwa developernya KREDIBEL, dan tersedianya rumah yang sesuai dengan budget untuk pembayaran DP dan angsuran KPR. Nah jika ketiga hal tersebut sudah sesuai dengan kriteria yang di tentukan maka segera mungkin untuk investasi rumah disana.

Karena jika telat sedikit saja, bisa jadi akan ada banyak investor berpengalaman yang akan memborong rumah di perumahan yang Anda minati. Let's go!
Advertisement
BAGIKAN:

+1