Dua Minuman Segar Berbahan Teh Sariwangi Ini Wajib Kamu Coba!

Advertisement
Aneka Minuman Segar - Jika ada minuman yang dapat diterima oleh semua lidah selain air putih, maka jawabannya adalah minuman teh. Di Indonesia, teh pertama kali masuk pada tahun 1684. Pada waktu itu biji teh (diduga teh sinensis) dibawa oleh Andreas Cleyer.

Kandungan senyawa yang terdapat dalam secangkir sangat baik untuk kesehatan jika di konsumsi secara tepat yaitu Kafein, Polifenol, dan Essential Oil. Kita akan mendapatkan banyak manfaat dari mengkonsumsi teh secara rutin.
Teh

Adapun manfaatnya adalah untuk melarutkan lemak dan menurunkan berat badan, mengurasi resiko penyakit jantung dan stroke, mencegah kanker dan diabetes, dan menghilangkan kantuk. Bahkan teh dipercaya dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan gigi.

Nah kali ini Batu Media telah merangkum daftar aneka minuman segar berbahan dasar dari teh Sariwangi yang dapat Anda praktekkan dirumah bersama keluarga tercinta seperti yang dilansir dari situs berbagi resep Cookpad.

Cara membuat teh telur (Teh Talua)

Bahan yang digunakan untuk membuat teh talua ini sangat mudah didapatkan, dan mungkin bisa saja telah tersedia di dapur Anda. Beberapa bahan utama untuk membuat teh Talua adalah:
  1. 1 butir telur ayam kampung, ambil kuningnya saja.
  2. 2 teh Sariwangi celup
  3. Gula
  4. Vanile
  5. Gula jawa
  6. Bubuk kayu manis
  7. 1 gelas air

Langkah membuat Teh Talua

  1. Kocok telur, gula, vanile, dan gula jawa sampai mengembang dan berwarna agak putih
  2. Rebus teh dengan air sampai mendidih, setelah itu tuang kedalam telur yang sudah dikocok tadi.
  3. Hidangkan dengan ditaburi bubuk kayu manis
Teh Talua

For your information (FYI), ternyata kayu manis juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh kita. Pohon kayu manis yang banyak tumbuh di Pulau Sumatera ini hanya di manfaatkan kulitnya saja untuk kuliner maupun pengobatan.

Kayu manis baik dikonsumsi oleh penderita Diabetes dan Hypoglycemica karena kayu manis memiliki sifat mampu menstabilkan gula darah. Selain itu kayu manis digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti neurodegenerative, termasuk penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, multiple sclerosis, tumor otak, dan meningitis.

Oke, lanjut untuk resep yang kedua yaitu Tamarind Ice Tea, seperti namanya minuman ini beraroma asam manis. Campuran rasa asam manis dan dipadukan dengan segarnya es batu dijamin akan menambah segarnya hari-hari Anda. Mau coba? Berikut resepnya!

Bahan-bahan yang disiapkan

  • 1 bungkus asam jawa tanpa biji
  • 1 keping kecil gula merah
  • 1 kantong teh celup Sariwangi
  • 1 sdm gula pasir *sesuai selera, bisa diganti yang lain.
  • air matang
  • es batu

Langkah membuat tamarind Ice Tea

  1. Tuang air secukupnya kedalam panci, masukan asam jawa, gula merah dan teh celup Sariwangi. Masak hingga mendidih.
  2. Setelah mendidih, saring air rebusan kedalam pitcher (saringan) kemudian tambahkan gula pasir, aduk rata.
  3. Langkah terakhir tambahkan es batu secukupnya dan sajikan ketika masih dingin, dijamin rasanya mantab.
Tamarind Ice Tea

For your information (FYI), rasa asam yang dihasilkan dari asam jawa memiliki kandungan manfaat yang baik bagi tubuh. Asam jawa dapat digunakna untuk mengobati penyakit difteri, disentri, mengatasi demam setelah nifas dan juga dapat digunakan untuk menurunkan demam bayi.

So, jadi tertarik ingin mencoba dua menu resep minuman segar berbahan teh Sariwangi yang kaya akan manfaat di dalamnya? Silahkan mencoba!
BAGIKAN:

+1