6 Cara Menghilangkan Bau Prengus Pada Daging Kambing

Advertisement
Menghilangkan Bau Prengus - Apakah Anda penyuka daging kambing? Biasanya, banyak orang beralasan untuk tidak menyukai daging kambing lantaran baunya yang menyengat. Ini yang bikin waktu mau makan krengsengan kambing, soto, sate dan gulai kambing menjadi ilfil alias bad mood.

Bagi penyuka daging kambing, tentu saja hal itu bukan suatu masalah karena rasa dagingnya jauh lebih menggoda selera makan. Tapi bagaimana bagi penikmat daging kambing? pasti akan bertanya-tanya tentang bagaimana sih cara menghilangkan bau tidak enak pada daging kambing? Apa penyebab daging memiliki bau prengus? Batu Media akan mengulasnya disini!

Daging kambing memang memiliki rasa yang luar biasa sehingga menggelitik lidah untuk segera menyantapnya. Namun, baunya yang begitu menyengat biasa sedikit mengganggu selera makan. Nah pada dasarnya mengolah daging kambing memerlukan cara khusus, agar bau prengus daging kambing hilang.

Lantas, bagaimanakah cara menghilangkan bau prengus pada daging kambing? Apakah bumbu (rempah-rempah) yang dapat digunakan sebagai penghilang bau daging kambing? Yuk, ikuti tips mengolah daging kambing berikut ini:

Daging Kambing : Batu Media
  • Cuci Bersih
Pertama, cara memasak daging kambing yaitu dengan memastikan bahwa daging dalam kondisi sudah bersih. Yah, bau prengus yang begitu menyengat mungkin berasal daging itu sendiri. Namun, tak menutup kemungkinan adanya bakteri atau kuman yang sudah melekat pada daging kambing.

Biasanya, penyebab prengus pada daging kambing dikarenakan daging tidak segera diolah. Daging kambing yang langsung dimasak usai disembelih tidak memiliki aromanya biasa saja seperti daging pada umumnya.

Untuk itu, cucilah menggunakan air yang mengalir agar lebih membersihkannya. Hanya saja daging kambing yang dicuci bersih seperti kehilangan cita rasa khasnya.
  • Peram atau Rendam Terlebih Dahulu
Penghilang bau prengus pada daging kambing yaitu dengan merendam daging kambing beberapa saat sebelum memasaknya. Campurkan air perasan lemon atau jeruk nipis, cuka, kecap, garam, dan lada untuk langkah mudah mengurangi aroma prengus daging kambing.

Perendaman ini tidak hanya mampu mengurangi bau prengusnya saja, tetapi juga mampu menambah kelezatan dagingnya. Daging pun akan lebih empuk sehingga tidak susah saat menyantapnya.
  • Rendam dengan Susu
Merendam daging kambing dengan bahan tertentu terbilang cara paling efektif untuk menghilangkan bau prengus. Cairan rendaman pun tidak harus dengan rempah-rempah saja, tetapi dapat juga dengan susu.

Kandungan zat gizi pada susu dapat melunakkan daging kambing sehingga lebih empuk dan enak. Rendamlah daging kambing selama sehari semalam dalam cairan susu untuk mendapatkan hasil maksimal.
  • Gunakan Yogurt
Yogurt menjadi salah satu bahan yang bisa melunakkan daging kambing selain rempah-rempah dan susu. Dalam yogurt mengandung banyak mikroorganisme hidup yang memiliki beragam fungsi. Mikroorganisme itulah yang mampu menghilangkan kotoran dan bakteri dari dalam daging kambing.

Sama seperti ketika merendam daging kambing pada larutan rempah-rempah dan susu, cukup melarutkan dalam yogurt dalam sedikit air dalam waktu sehari semalam saja. Usahakan jangan sampai merendam daging kambing melebihi dari batas waktu tersebut agar daging tidak hancur saat dimasak.
  • Hilangkan Lemaknya
Perlu Anda tahu bahwa lemak yang menempel pada daging kambing bisa menjadi sumber bau prengus. Oleh karena itu, jika Anda bermaksud menyimpan daging kambing sedikit lama, pisahkan lemak dan dagingnya. Pastikan bahwa daging-daging kambing tidak ditempeli lemak-lemak yang bisa menyebabkan bau prengus.
  • Simpan dengan Baik
Jika tak ingin langsung memasaknya, Anda perlu tahu cara menyimpan daging kambing yang benar di dalam freezer. Periksalah setiap beberapa jam agar tak sampai berbau. Jangan biarkan daging kambing begitu saja apabila tidak segera dimasak agar tak mengundang bau prengus.

Nah, itulah 6 tips menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Anda bisa menambahkan sedikit rempah-rempah untuk menambah aroma daging. Selamat mencoba!
BAGIKAN:

+1