LIVE! Indonesia vs Vietnam, 3 Desember 2016 - 19.00 WIB "Klik Disini"
LIVE! Bali United vs Arema, 3 Desember 2016 - 19.00 WIB "Klik Disini"
LIVE! El Clasico Barca vs Madrid, 3 Desember 2016 - 22.00 WIB "Klik Disini"

Contoh Penulisan Surat Pengunduran Diri - Resign Letter

Advertisement
Surat Pengunduran Diri - Dalam dunia kerja, rasa ingin keluar dari pekerjaan yang digeluti saat ini dan ingin mendapatkan pengalaman lebih baik tentu ada di benak setiap orang. Namun terkadang bingung bagaimana cara untuk memulai mengajukan diri untuk keluar dari tempat bekerja saat ini. Bahkan untuk membuat surat resign (resign letter) terkadang bingung untuk menulisnya.

Lantas bagaimana cara menulis surat resign yang baik? Apa saja urutan atau format surat pengunduran diri agar terlihat sopan dan baik sehingga dapat diterima langsung oleh pimpinan? Bagaimana contoh surat resign yang formal di dunia kerja? berikut ini Batumedia.com akan memberikan infonya untuk Anda.

Cara menulis surat resign yang baik itu memiliki beberapa syarat diantaranya adalah dengan menuliskan alasan paling rasional (logis) kenapa Anda memutuskan untuk resign. Beberapa alasan terkait dengan pengunduran diri dari pekerjaan yang sekarang adalah faktor kesehatan, faktor kenyamanan lingkungan kerja, dan faktor salary atau gaji.

I Quit

Sejauh ini, tiga alasan tersebut yang paling sering digunakan ketika membuat surat pengunduran diri. Suasana kantor yang kurang nyaman, pimpinan yang tidak menghargai kinerja karyawannya, gaji yang terlalu sedikit (bahkan dibawah standar UMK atau UMR) dan ingin membuka usaha sendiri selalu menjadi alasan paling rasional.

Didalam penulisan surat resign ini sama halnya dengan menulis surat lamaran pekerjaan, dimana kita harus memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar, atau sebaliknya jika anda ingin memakai bahasa inggris harus yang baik dan benar secara baku.

Nah sebelum masuk ke penjelasan mengenai apa saja urutan atau format surat pengunduran diri yang baik dan terlihat formal, ada baiknya kita lihat contoh surat resign dibawah ini terlebih dahulu.

Contoh Surat Resign

Jakarta, 5 Februari 2017

Kepada, Yth
Kepala Pimpinan
PT. Google Indonesia
Jl. Asia Afrika No.8
Gelora Bung Karno Sentral Senayan 2 Office Tower, Lt. 28
Kelurahan Gelora, Tanah Abang Jakarta Pusat

Dengan Hormat

Melalui surat ini saya Anjani Putri Kyai Makmun bermaksud mengundurkan diri dari PT. Google Indonesia sebagai Spv Account Officer Adwords, terhitung sejak tanggal 1 Maret 2017. Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena ingin menambah wawasan dan pengalaman di bidang yang lain.

Sebelumnya, saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT Google Indonesia apabila terdapat kesalahan yang saya lakukan selama bekerja. Saya berharap PT Google Indonesia dapat terus berkembang dan mendapatkan yang hasil terbaik.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya


Quit Job

Format Penulisan Surat Pengunduran Diri

Setelah kita melihat contoh surat diatas, pada poin pertama yang harus diingat dalam menulis surat pengunduran diri adalah harus singkat dan jelas terutama dalam penekanan alasan kenapa Anda mengundurkan diri dari pekerjaan yang sekarang, hal ini tentu berbeda dengan ketika Anda membuat surat lamaran pekerjaan dan CV yang harus memiliki penjelasan sedetail mungkin.

Contoh penulisan format surat resign yang baik kedua adalah dengan memberikan ucapan terima kasih. Hal ini dapat dikatakan sangat penting, mengingat selama ini Anda bekerja, bergaul dan mendapatkan gaji dari tempat Anda bekerja. Ketika Anda datang melamar kerja dengan baik-baik, ada baiknya ketika keluar pun harus dengan cara yang sama.

Poin ketiga, jangan membuat surat resign Anda sebagai media untuk curhat mengenai alasan resign, terumata yang mencangkup masalah ketidakpuasan terhadap pimpinan terkait dengan gaji maupun cara memimpinnya.

Resign Job

Ilustrasikan saja anda sebagai pihak perusahaan yang akan kehilangan karyawannya, tentu anda hanya ingin mendengar respon positif dan saran yang baik untuk perusahaannya, jadi jika anda punya kesan tidak enak diperusahaan jangan terlalu diekspos pada surat resign.

Bagaimana, apakah Anda sudah memahami format penulisan surat pengunduran diri yang baik? Pesan dari kami adalah pikir dengan matang ketika memiliki keinginan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan yang sekarang, jika belum memiliki roadmap yang bagus setelah keluar dari perusahaan, lebih baik tangguhkan terlebih dahulu niat untuk resign.
Advertisement
BAGIKAN:

+1