Pembawa Baki (Nampan) Bendera Pusaka di Istana Merdeka

Advertisement
Update 17/8/2015, pukul 10.00 WIB: Pembawa baki bendera pusaka adalah Maria Felicia Gunawan. Maria merupakan bagian dari Tim Sadewa yang bertugas pada upacara penaikan bendera. Di dalam tim formasi 8, Maria bersama dengan tujuh paskibraka lainnya.

Mereka di antaranya ada yang mendapat tugas pengerek bendera‎ Briand F Pelle (Papua), Zainal Azis (Sumatera Barat), dan komandan kelompok 8 Muhammad Razak (Sulawesi Tengah). Maria Felicia merupakan siswi SMAK Penabur Gading Serpong. Selain Felicia, Banten juga diwakili Muhammad Fadly Yusuf dari SMAN 2 Tangerang.

Pada upacara kali ini, Presiden Joko Widodo akan bertindak sebagai inspektur upacara. Sementara komandan upacara ditugaskan kepada Kolonel Umar Farouq, Kasiops Sat I Gegana Korbrimob Polri. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto nantinya yang akan membacakan naskah teks proklamasi

***000***

Pembawa Baki Bendera - HUT RI ke-70 telah tiba, Senin, 17 Agustus 2015 pukul 09.50 WIB merupakan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Sebagian besar mata tentu akan tertuju pada layar kaca menyaksikan upacara penaikan bendera merah putih oleh Paskibraka yang merupakan siswa siswi SMA/SMK terpilih dari 34 propinsi di Indonesia.

Lantas pertanyaan klasik muncul kembali, siapakah Paskibraka putri pembawa baki atau nampan yang berisi bendera pusaka merah putih pada upacara kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka Jakarta? Jika merujuk pada berbagai sumber di media online, nama Della Elvira Herlika santer dikabarkan akan menjadi pembawa bendera pusaka.

Della Elvira Herlika merupakan siswi SMA Negeri 1 Metro, Lampung. Setelah melalui proses seleksi yang begitu ketat, panjang, dan melelahkan, nama Della disebut akan menjadi Paskibraka yang akan menerima bendera pusaka merah putih dari Presiden Jokowi untuk selanjutnya diserahkan kepada pembentang dan pengerek tali bendera.

Della Elvira - Pembawa Baki Bendera 2015

Bahkan melalui akun resmi sekolah tempat Della menuntut ilmu, terdapat satu kicauan berupa harapan dan motivasi agar dapat mengulang prestasi yang pernah diukir oleh SMA favorit tersebut.
"Semoga dpt mengulang prestasi yg dulu pernah diukir yaitu menjadi Baki Pagi Paskibraka Nasional Della Elvira Herlika," tulis akun @Smansa_Metro.

Rencananya Della akan bertugas pada pagi hari, yakni pada upacara pengibaran bendera. Sedangkan tim atau kelompok regu untuk petugas penurunan bendera akan berbeda dengan waktu pagi hari.

Disisi lain, Penanggung jawab diklat Paskibraka, Sakhyan Asmara di Istana Negara, pada hari Sabtu (15/8/2015) mengatakan bahwa belum ada satu pun orang yang tahu siapa pembawa bendera merah putih nanti. Termasuk kakak pembina dan 68 anggota Paskibraka.


Siapa siswa yang mendapat kehormatan untuk membawa bendera merah putih saat upacara kemerdekaan nanti baru diberitahu hanya beberapa jam sebelum pelaksanaan upacara, tepatnya Minggu malam atau Senin pagi.

Alasan mengapa nama calon pembawa bendera pusaka dirahasiakan dari anggota Paskibraka menurut Sakhyan agar melatih kesiapan.

Selama sebulan anggota Paskibraka ini tidak boleh pulang ke daerah masing-masing. Selama sebulan juga mereka bahkan dilarang menggunakan handphone. Kini kurang dari dua hari, segala jerih payah mereka bakal terbayar. Mata seluruh Indonesia akan melihat kegagahan dan kesempurnaan mereka dalam menjalani upacara kemerdekaan 17 Agustus nantinya.
BAGIKAN:

+1