Tips Cerdas Mudik Lebaran Menggunakan Mobil

Advertisement
Tips Mudik Lebaran – Hai, sobat muslim! Sudah tidak sabar lagi kan menyambut hari lebaran! Hari lebaran tentu menjadi hari kemenangan bagi umat muslim yang sudah menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama sebulan penuh.

Biasanya, orang Indonesia lebaran itu identik dengan mudik. Mudik ini dilakukan bagi orang yang merantau jauh dari keluarga. Kurang afdol jika yang merantau jauh-jauh jika tidak mudik. Harapannya silahturahmi tetap terjaga.

Kali ini, Anda perlu membaca baik-baik tips mudik lebaran. Hal ini guna untuk menyiapkan apa yang diperlukan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Saat mudik, Anda memiliki dua alternatif pilihan yaitu menggunakan kendaraan umum dan kendaraan pribadi, baik mobil maupun motor.

Mudik Menggunakan Mobil

Kedua pilihan kendaraan ini memiliki kelebihan masing-masing. Mudik dengan kendaraan umum tentu membuat Anda lebih rileks dan beristirahat selama menempuh perjalanan jauh. Sedangkan mudik dengan kendaraan sendiri bisa dijadikan sebagai sesuatu yang menyenangkan. Pulang kampung dengan kendaraan pribadi juga bisa menghemat budget lebaran.

Nah, jika lebaran tahun 2015 kali ini berencana mudik dengan mobil pribadi, yuk simak tips mudik dengan mobil berikut ini:

Persiapan Mobil untuk Mudik
  • Siapkan Mobil dengan Kondisi yang Prima
Tips mudik lebaran pakai mobil meskipun jarak yang ditempuh dekat atau jauh sebaiknya cek kondisi kendaraan. Bagian mobil yang penting untuk diperiksa yaitu rem apakah dapat berfungsi dengan baik. Selanjutnya, periksa tekanan ban dan kondisi ban apakah sudah baik.

Kondisi lampu kendaraan yang berfungsi dengan baik juga harus dipastikan agar aman selama berkendara. Segera perbaiki jika ada bagian mobil yang rusak. Jangan lupa membawa perlengkapan seperti dongkrak, ban serep, kunci untuk persiapan bila diperlukan. Serta bawa surat kelengkapan berkendara.

Bekal Makanan
  • Siapkan Makanan, Minuman, dan Obat-obatan
Mudik biasanya memerlukan waktu yang cukup lama untuk sampai ke tujuan. Mempersiapkan makanan dan minuman secukupnya merupakan langkah yang tepat agar tidak merasa lapar dan menjaga kondisi tetap prima.

Apalagi bila melewati jalan yang sulit ditemukan penjual makanan atau tidak tahu apakah makanan tersebut layak konsumsi atau tidak. Persiapkan pula beberapa obat standar seperti obat demam, pusing, sakit perut serta obat luka luar, dan plester. Bila ada anggota keluarga yang mempunyai riwayat penyakit tertentu pastikan dibawa.

Cek Kesehatan
  • Siapkan Fisik dan Mental
Agar dapat menikmati perjalanan dengan nyaman diperlukan kondisi fisik yang fit dan sehat. Hal ini terutama untuk pengemudi, kondisi fisik yang prima jauh dari rasa lelah dan kantuk dapat berpengaruh terhadap keselamatan seluruh penumpang.

Selain itu, keadaan emosi yang stabil sangat penting bagi pengemudi. Sebaiknya pengemudi tidak dalam keadaan suasana hati yang kurang baik, marah, atau terburu-buru.

Rambu Lalu Lintas
  • Taati Peraturan Lalu Lintas dan Rambu Jalan
Ada yang bilang peraturan itu untuk dilanggar. Pernyataan itu tidak bijak karena selama berlalu lintas keselamatan menjadi prioritas utama. Apalagi saat musim mudik padat dengan kendaraan. Maka dari itu hindari melanggar peraturan lalu lintas dan rambu jalan. Jangan lupa gunakan sabuk pengaman selama perjalanan.

Jagalah jarak aman dengan kendaraan lain agar menghindari kecelakaan. Hindari menerima telepon atau melakukan kegiatan lain selama mengemudi. Jangan lupa untuk pantau terus berita mudik lebaran di televisi, radio, atau koran. Itulah tips mudik lebaran dengan menggunakan mobil.

So, sebelum mudik ke kampung halaman pastikan Anda sudah mempersiapkan segala yang diperlukan. Tips mudik lebaran 2015 perhatikan pengumuman dari pemerintah tentang rute perjalanan yang aman agar Anda dapat sampai ke tujuan dengan nyaman dan selamat.

Bagi yang mengendarai sepeda motor bacalah tips mudik lebaran dengan sepeda motor. Pastikan bahwa daya angkut tidak melebihi kelayakan. Yuk, baca tips mudik lebaran dengan baik!
BAGIKAN:

+1