Doa Qunut : Lafadz Arab, Latin dan Artinya

Advertisement
Bacaan Doa Qunut - Salat lima waktu tentu menjadi bagian yang tak dapat dipisahkan dari ibadah harian umat Muslim kan? Untuk ini, Anda tentu juga mengenal doa Qunut kan? Yups, doa Qunut adalah doa yang dibaca pada iktidal rakaat kedua ketika solat subuh sebelum sujud. Selain itu doa Qunut juga biasa dibaca pada rakaat terakhir ketika kita mengerjakan sholat witir seusai sholat tarawih pada bulan Ramadhan.

Hukum membaca doa Qunut sendiri bisa saja berbeda sesuai dengan Mazhab yang dianut masing-masing pemeluk Islam. Dalam Mazhab Syafii dan Maliki, doa Qunut  termasuk Sunnah Muaakat yang mana jika ditinggalkan tidak akan membatalkan salat Subuh. Sementara itu, Mazhab Hanafi tidak menyunnahkan Qunut dalam solat Subut dan Mazhab Hambali menyunatkan doa Qunut khusus pada pemimpin salat (imam).

Beberapa berpendapat bahwa doa Qunut adalah sunnah mengambil dasar dari beberapa riwayat, yakni “Rasullulah SAW tidak henti membaca Qunut dalam salat Fajar hingga beliau meninggal dunia" (Musnad Ahmad bin Hanbal).

Namun demikian beberapa hadist juga menyatakan Rasullullah SAW tidak membaca Qunut dalam salat subuh, namun keberadaan hadist tersebut tidak menghilangkan hukum sunnah Qunut apalagi mengharamkannya.

Nah, bagi Anda yang ingin tahu bagaimana sih ayat demi ayat bacaan doa Qunut yang benar? Berikut adalah lafaz Arab doa Qunut, berikut dengan bacaan menggunakan bahasa latin dan terjemahan menggunakan bahasa Indonesia.

Lafadz Arab Doa Qunut

Doa Qunut
Advertisement

Lafaz latin doa Qunut:

Allahummahdiniy fiiman hadait. Wa 'aafiniy fiiman 'aafait. Wa tawallaniy fiiman tawallait. Wa baarikliy fiima a'thoita. Wa qiniy syarro maa qodhoit. Fainnaka taqdhii walaa yuqdhoo 'alaik. Wa innahuu laa yadzillu man waalait. Wa laa ya 'izzu man 'aadait. Tabaarokta robbanaa wata'aalait. Falakal hamdu 'alaa maa qodhoit. Astaghfiruka wa atuubu ilaik. Wa shollallahu 'alaa sayyidinaa muhammadininnabiyyil ummiyyi wa 'alaa aalihii washohbihii wa sallam.

Terjemahan doa Qunut:

Ya Allah tunjukkan aku sebagaimana mereka yang telah Engkau tunjukkan. Berikan kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang telah Engkau berikan kesehatan. Dan peliharalah aku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau peliharakan. Berilah keberkatan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau karuniakan.
Dan selamatkan aku dari bahaya yang telah Engkau tentukan. Maka sesungguhnya, Engkaulah yang menghukum dan bukannya yang kena hukum. Dan sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulia orang yang Engkau musuhi. 
Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi. Maka bagi Engkaulah segala pujian di atas apa yang Engkau hukumkan. Aku memohon ampun dari-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu. Dan semoga Allah mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarganya
Keutamaan dan manfaat doa Qunut sendiri cukup besar lho. Doa Qunut sendiri adalah doa memohon petunjuk kepada Allah agar mendapatkan ilmu bermanfaat serta amal Sholeh. Doa ini juga merupakan doa untuk memohon perlindungan dari berbagai macam penyakit (baik lahir maupun batin) yang dapat merusak manusia.
BAGIKAN:

+1