Cara Agar Puasa Lancar, Konsumsi Makanan Sehat Ini

Advertisement
Makanan Sehat Sahur – Umat Islam yang menjalankan Ramadan tentu tahu bahwa selama satu bulan kedepan Anda tidak diizinkan untuk makan dan minum apapun mulai dari subuh hingga menjelang terbenamnya matahari. Meski menahan haus dan lapar, puasa tentunya tidak boleh menjadi alasan bermalas-malasan sebab roda aktivitas harus tetap berjalan seperti biasa bukan?

Umat muslim tentu mencari berbagai siasat dan trik untuk menjaga agar kondisi tubuh tetap fit meski tak menerima asupan makan dan minum. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah memanfaatkan waktu sahur dengan mengonsumsi makanan sehat agar pasokan energi tetap terjaga.

Aktifitas yang padat tentau akan menguras banyak sekali energi. Jika tidak diimbangi dengan asupan gizi yang baik dalam setiap kandungan makanan yang terdapat pada menu sahur, tentu bisa menimbulkan masalah tersendiri nantinya.

Nah, seperti apa sih cara sehat selama puasa dengan memaksimalkan asupan makan selama sahur? Tim redaksi Batumedia.com membagikan beberapa tips untuk Anda berikut ini:

Roti Gandum

  • Konsumsi karbohidrat kompleks
Beberapa orang seringkali lebih terfokus pada cara sehat berbuka puasa sehingga seringkali lupa dan akhirnya makan sembarangan ketika sahur. Tinggalkanlah kebiasaan ini dan pahamilah bahwa dua ritual ini sama-sama penting untuk mendukung kelancaran puasa.

Salah satu makanan sehat sahur yang sebaiknya dikonsumsi adalah bahan yang mengandung karbohidrat kompleks. Bahan-bahan tersebut akan melepaskan energi secara perlahan dan bertahap selama masa puasa sehingga Anda tidak akan kekurangan asupan kekuatan untuk menjalankan beragam aktivitas harian.

Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan seperti gandum dan segala makanan olahan oat lainnya, Anda juga bisa menambahkan biji-bijian seperti kacang dan barley sebagai asupan energi hari itu.
  • Jangan lupakan makanan kaya serat
Serat merupakan substansi penting yang ada dalam makanan yang berguna untuk kesehatan pencernaan sekaligus memberikan efek kenyang lebih tahan lama. Konsumsilah makanan ini ketika sahur agar Anda tidak mudah lapar selama seharian berpuasa. Beberapa makanan yang mengandung serat dapat ditemukan pada buah-buahan maupun sayur-sayuran.

Cokelat
  • Hindari makanan berlemak, fast-food, dan tinggi gula
Anda yang menginginkan makanan sehat sahur sebaiknya menghindari makanan berlemak yang mengandung karbohidrat sederhana seperti cake, biskuit, cokelat dan permen. Makanan seperti ini tidak sehat dan sangat mudah dicerna oleh tubuh sehingga Anda akan gampang merasa lapar.
Minumlah air mineral secukupnya, tapi kurangi minuman berkafein

Cara sehat berbuka puasa maupun sahur yang lain adalah dengan memperhatikan asupan cairan. Ingatlah bahwa Anda akan menjalani seharian tanpa asupan cairan sehingga kemungkinan dehidrasi cukup besar. Oleh karena itu, minumlah air putih secukupnya agar level cairan tubuh tetap terjaga namun jangan kebanyakan karena dapat membuat Anda tidak nyaman sebab berkali-kali buang air.

Kurangi pula minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi, dan cola sebagai bagian dari menu makanan sehat sahur. Hal ini dikarenakan kafein bersifat diuretic sehingga akan menstimulasi kehilangan air lebih cepat melalui urinasi.

Itulah beberapa makanan sehat sahur yang perlu diperhatikan. Terapkanlah dalam ritual sahur agar Anda bisa menjalani puasa dengan lancar. Terakhir, jangan langsung tidur sehabis sahur karena bisa meningkatkan kadar asam lambung dan tidak baik untuk kesehatan. Selamat berpuasa ya.
BAGIKAN:

+1