LIVE! Indonesia vs Vietnam, 3 Desember 2016 - 19.00 WIB "Klik Disini"
LIVE! Bali United vs Arema, 3 Desember 2016 - 19.00 WIB "Klik Disini"
LIVE! El Clasico Barca vs Madrid, 3 Desember 2016 - 22.00 WIB "Klik Disini"

Cara Agar Bisa Bangun Pagi Untuk Makan Sahur

Advertisement
Tips Bangun Makan Sahur - Ramadan adalah bulan dimana Allah SWT menurunkan rahmat tak terhingga kepada umatnya. Selama satu bulan penuh, umat Islam mendapat kesempatan untuk meminta ampunan dan belajar menahan diri agar dapat menjadi manusia lebih baik dalam hal fisik maupun spiritual dan emosional.

Meski Ramadan erat kaitannya dengan koneksi spiritual, Anda juga tetap harus memperhatikan kondisi fisik yang mungkin perlu adaptasi karena harus berpuasa seharian. Mengonsumsi makanan sehat dengan jumlah yang tepat tentu menjadi kunci kelancaran ibadah.
Selama bulan Ramadan, aktivitas sarapan tentunya digantikan oleh Sahur (makan pada dini hari). Sebenarnya, makan sahur hukumnya tidak wajib namun kegiatan ini merupakan berkah yang mana Anda akan mendapatkan pahala ketika melakukannya.
Oleh karena dilakukan segera setelah bangun tidur, beberapa orang seringkali malas melakukannya. Untuk itu tim redaksi Batu Media telah menyiapkan tips bangun makan sahur khusus untuk Anda berikut ini:

Puasa
  •   Mulailah dengan niat sahur karena Allah
Anda boleh sekadar menyiapkan DP makan sahur di BBM agar makin semangat atau mengatur menu makan sahur tertentu, namun jangan lupa tentukan niat terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan tersebut. Berniatlah menjalankan aktivitas ini hanya karena Allah, dengan demikian tubuh akan secara otomatis membangunkan diri dan siap menjalankan aktivitas sahur.

Udah tahu bagaimana niat untuk puasa ramadhan yang dilakukan sebelum kita makan santap sahur? Nah jika lupa, berikut Batu Media berikan sedikit bocoran doa niat puasa Ramadhan.

Lafadz Arab Niat Puasa Ramadhan

نـَوَيْتُ صَوْمَ غـَدٍ عَـنْ ا َدَاءِ فـَرْضِ شـَهْرِ رَمـَضَانَ هـَذِهِ السَّـنـَةِ لِلـّهِ تـَعَالى
Bahasa latin: "Nawaitu sauma ghadin an'adai fardi syahri ramadhana hadzihisanati lillahita'ala"

Artinya: "Sengaja aku berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu puasa pada bulan Ramadhan bagi tahun ini karena Allah Taala"

Untuk lebih lengkapnya bisa lihat disini ya Penjelasaan Bacaan Niat Puasa Ramadhan

Menu Sahur
  • Siapkan makan sahur sejak semalam
Seringkali seseorang malas makan sahur karena harus terlebih dahulu menyiapkan sebelum menyantap. Anda bisa menyiasatinya dengan menyiapkan menu makan sahur semalam sebelumnya sehingga motivasi untuk bangun lebih besar.
Nah, tips bangun makan sahur terkait makanan ini tentu tidak boleh sembarangan lho. Pilihlan menu makan sahur yang baik atau menu makan sahur sehat agar seluruh kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi. Anda bisa juga meniru menu makan sahur Rasullullah sebagai salah satu opsi sehat terbaik. Apa saja menu sahur yang enak dan sehat untuk sahur? lihat menu dibawah ini:

» Resep ayam tomat aroma, menu wajib untuk sahur keluarga

Pasang Alarm
  •  Jangan lupa pasang alarm
Tips bangun makan sahur selanjutnya patut diaplikasikan oleh Anda yang sangat susah bangun tidur atau terlalu asyik di kasur. Manfaatkan handphone atau jam beker untuk memasang alarm yang akan berbunyi bila waktu sahur tiba. Anda bisa mengaturnya menjadi multiple alarm yang akan berbunyi setiap periode tertentu untuk menghindari ketinggalan waktu sahur.
Itulah beberapa tips bangun makan sahur yang bisa Anda aplikasikan selama bulan Ramadan tiba. Oh iya, ingat baik-baik bahwa sahur merupakan aktivitas yang dilakukan pada dini hari sehingga Anda sebaiknya tidak makan sahur setelah imsak atau bahkan mulai makan sahur saat adzan. Selamat mencoba.
Advertisement
BAGIKAN:

+1