Makanan Sehat untuk Sahur, Apa Saja Menu Paling Baik?

Advertisement
Menu Sahur - Marhaban ya Ramadhan, halo sahabat muslim! Sudah siapkah Anda menyambut bulan suci Ramadhan? Perlu diingat, persiapan untuk menjalani puasa selama sebulan penuh tak cukup dengan kesiapan fisik dan mental saja. Tentu menu makanan sehat untuk sahur dan buka puasa menjadi hal utama yang perlu diperhatikan juga.

Menu makanan selama menjalani ibadah puasa harus benar-benar diatur agar metabolisme tetap terjaga dengan baik. Biasanya, banyak orang yang menyepelekan makan sahur lantaran malas membuka mata. Padahal, makan sahur yang baik dapat membantu untuk menahan rasa lapar selama sehari dan menyiapkan energi yang cukup.

Banyak pilihan resep makanan untuk sahur yang bisa menjadi andalan kelurga. Menu-menu inilah yang bisa menjadi penggugah selera sehingga lahap makan ketika sahur. Tak cukup itu, beberapa resep pilihan juga tergolong makanan sahur yang praktis sehingga sangat menguntungkan ketika Anda bangun kesiangan. Yuk, intip beberapa menu makanan sehat untuk sahur berikut ini:

Apel
  • Apel
Apel menjadi salah satu kudapan sahur sehat untuk diet yang juga dapat membantu memberikan efek kenyang lebih lama. Dalam 1 buah apel ukuran sedang mengandung banyak serat dan kadar air yang cukup tinggi. Selain itu, beberapa vitamin di dalam buah apel akan membantu Anda untuk tetap fresh hingga waktu berbuka puasa.

Alpukat
  • Alpukat
Buah yang mengandung banyak lemak tak jenuh cukup tinggi ini ternyata tergolong menu makan sahur sehat yang direkomendasikan para ahli. Selain memberikan efek kenyang lebih lama, kandungan lemak baiknya membantu untuk memelihara kesehatan jantung.

Makanan sahur yang mengenyangkan ini lebih baik disantap tanpa tambahan apapun seperti susu kental manis atau gula. Sebab, bahan tambahan tersebut sangat mungkin dapat membuat badan tumbuh ke samping.

Oatmeal
  • Oatmeal
Bangun terlambat dan hanya punya waktu 15 menit untuk sahur? Biasanya, beberapa orang memilih untuk membuat mie instan sebagai santapan sahurnya. Padahal, ada banyak pilihan makanan sehat untuk sahur yang jauh lebih praktis seperti oatmeal.

Kudapan ini baik sebagai makanan sahur untuk ibu hamil karena kandungannya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil. Perlu diketahui, oatmeal juga baik untuk menu makan sahur untuk ibu menyusui. Kandungan omega 3 dan 6 tentu saja baik untuk membantuk perkembangan otak dan saraf si Kecil.

Telur Dadar
  • Telur
Jika tak punya cukup banyak waktu untuk menyeduh oatmeal, cara paling praktis yaitu membuat telur mata sapi atau dadar. Telur menjadi salah satu andalan saat Anda dikejar waktu imsak karena bangun terlambat. Kandungan protein yang cukup tinggi akan membantu tubuh tetap bugar dan merasa kenyang hingga saat berbuka puasa.

Nah, itulah beberapa menu makanan sehat untuk sahur yang bisa Anda coba. Pastikan dalam lemari es selalu tersedia makanan praktis untuk sahur. Yuk, siapkan diri untuk menyambut bulan suci Ramadan!
BAGIKAN:

+1