Makanan Sehat Berbuka Puasa, Awas Salah Pilih

Advertisement
Makanan Sehat Berbuka Puasa – Memasuki bulan Ramadan tahun 2016 umat Muslim di seluruh dunia menjalankan ritual berpuasa menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa sejak terbit hingga terbenamnya matahari. Tentu saja kegiatan ini diawali dengan ritual sahur (makan pada dini hari) dan diakhiri dengan berbuka.

Berbuka puasa menjadi saat yang cukup dinanti setelah seharian menahan diri dari lapar dan haus. Bukan hanya untuk “menenangkan” perut keroncongan, berbuka puasa juga dapat menjadi ajang kumpul keluarga di penghujung hari untuk bersama-sama menyantap hidangan makanan berbuka puasa yang menambah kemesraan dan persaudaraan.

Apapun tujuan berbuka puasa, baik sekedar makan atau sekalian berkumpul bersama, menu makanan berbuka puasa yang sehat tetap harus dijadikan pilihan utama sebab salah konsumsi dapat menyebabkan gangguan kesehatan lho. Seperti apa sih menu makanan berbuka puasa yang enak sekaligus sehat? Mari simak informasi berikut ini:

Kurma
  • Konsumsilah hidangan manis yang sehat
Anas bin Malik menyatakan “makanan berbuka puasa Rasullullah adalah Rutab (kurma yang lembek) sebelum shalat, jika tidak mendapat Rutab maka beliau berbuka dengan Tamr (kurma kering), dan jika tak ada beliau meneguk air” (Hadits riwayat Ahmad dan Adu Dawud).

Hadits tersebut tentunya mengisyaratkan bahwa makanan sehat berbuka puasa adalah yang manis-manis karena gula yang terkandung didalamnya berfungsi sebagai pengganti energi. Meski demikian, Anda jangan kalap dan melahap segala yang manis sebab pada dasarnya semua tetap memiliki aturan.

Dr. Diana Suganda selaku ahli gizi mendefinisikan makanan manis disini sebagai santapan yang mengandung gula alami seperti yang terdapat dalam buah-buahan. Janganlah mengonsumsi makanan dengan kadar glukosa tinggi karena malah dapat mengganggu keseimbangan kadar gula tubuh. Oleh karena itu, carilah resep makanan berbuka puasa yang banyak mengandung buah-buahan namun rendah glukosa.

Sop Sayuran
  • Makanlah makanan yang mudah dicerna
Pilihan menu makanan sehat berbuka puasa yang mudah dicerna karena selama seharian tubuh telah beristirahat dari mengolah makanan. Anda dapat memulai menyantap makanan berbuka puasa dengan vegetable soup non krim yang pastinya mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu, makanan berbahan dasar sayuran juga mampu memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh setelah seharian berpuasa.

Anda juga dapat mengawali ritual berbuka puasa ini dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti ubi dan kurma. Nah, jangan lupa tambahkan protein agar Anda dapat kenyang lebih lama.

Tentu saja dua aturan makanan sehat berbuka puasa tersebut tidak hanya dapat diaplikasikan sebagai menu berbuka, namun juga dapat dijadikan sebagai aturan makanan berbuka puasa dan sahur. Oh iya, untuk orang dengan kondisi khusus, misalnya mencari makanan berbuka puasa untuk orang diet atau makanan berbuka puasa untuk maag sebaiknya didiskusikan dulu dengan ahli gizi kesayangan.

Gak mau baca ini dulu say?
BAGIKAN:

+1