LIVE! Indonesia vs Vietnam, 3 Desember 2016 - 19.00 WIB "Klik Disini"
LIVE! Bali United vs Arema, 3 Desember 2016 - 19.00 WIB "Klik Disini"
LIVE! El Clasico Barca vs Madrid, 3 Desember 2016 - 22.00 WIB "Klik Disini"

Jadwal Puasa 2016: Imsakiyah Kota Besar di Indonesia

Advertisement
Jadwal Puasa Ramadhan 2016 - Marhaban Yaa Ramadhan, Alhamdulillah kita masih dipertemukan dengan bulan suci, bulan yang penuh berkah dan penuh ampunan ditahun 1437 Hijriah ini. Tidak ada bulan yang sempurna selain dibulan ini. Setelah pada bulan lalu kita menunaikan ibadah puasa sunnah yakni Puasa Rajab dan Puasa Sya'ban, kali ini kita akan menjalan puasa wajib Ramadhan.

Bulan Rajab merupakan bulan-Nya Allah SWT sedangkan bulan Sya'ban adalah bulannya Rasullulah SAW, dan bulan Ramadhan ini adalah bulannya umat Islam yang beriman diseluruh dunia. Maka tidak ada alasan untuk tidak menjalankan rukun islam ini dengan sebaik-baiknya.

Agar puasa kita lebih sempurna, sudah barang tentu kita harus tau waktu kapan untuk berbuka, waktu imsak, dan waktu menjalankan ibadah sholat lima waktu Subuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya'.

Nah bagi yang ingin melihat jadwal puasa 2016 dari berbagai kota besar di IndonesiaBatu Media telah menyiapkan tabel jadwal imsakiyah 1437 H dibawah ini untuk Anda, terhitung aktif setelah sidang isbat penentuan awal puasa yang dilakukan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia pada tanggal 5 Juni 2016.
Jakarta Bandung Surabaya
Semarang Yogyakarta Medan
Makasar Padang Palembang
Denpasar Pekanbaru Lampung
Jember Bantul Wonosobo
Tegal Temanggung Wonogiri
Salatiga Lebak Pandeglang
Serang Tangerang Cilegon
Tangsel Yogyakarta Sleman
Loading... Loading... Loading...
*Note: Klik nama kota yang dipilih.

*Note: Jadwal Imsakiah khusus Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Wisata Batu) silahkan klik disini "Jadwal Imsakiyah Malang Raya 2016"

Wallpaper Ramadhan

Bagi umat muslim diseluruh dunia wajib hukumnya untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan, kecuali bagi orang yang benar-benar berhalangan sehingga tidak mampu menjalankan ibadah puasa, contohnya orang yang sudah tua dan tidak kuat untuk berpuasa dan juga orang sakit.

Namun demikian, bagi yang tidak menjalankan puasa wajib ini, diharuskan untuk membayar Fidyah. Pembayaran Fidyah pun tidak boleh menggunakan uang, namun harus berupa makanan pokok. Seperti yang dikutip dari Muslimah.or.id, kita harus tahu satu kaidah penting bahwa setiap lafadz ith’am (memberi makanan) atau tho’aaman (makanan) yang disebutkan Allah dalam Al Qur ‘an, wajib berupa makanan.

Firman Allah Ta’ala:

وَعَلَى ٱلَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ فَمَن تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهُ وَأَن تَصُومُواْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

“Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan maka itu lebih baik baginya dan puasamu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui” (QS. Al Baqoroh: 183)

Penting!
Advertisement
BAGIKAN:

+1