Bacaan Niat Puasa Rajab, Bahasa Arab dan Latin!

Advertisement
Niat Puasa Rajab - Bagaimana sih bacaan niat puasa dibulan Rajab yang benar? apa keutamaan menunaikan ibadah puasa sunnah ini? kapan kita menjalankan puasa rejab di tahun 2016 ini? Nah pertanyaan-pertanyaan diatas sering kali dilontarkan sebagian orang ketika menjelang bertemu dengan bulan rejab, karena bulan inilah merupakan awal dari kita sebagai umat muslim untuk menjalankan perintah Allah SWT di bulan Ramadhan nantinya.

Yap benar, ketika kita menjumpai bulan rajab/rejeb/rejab maka hal ini pertanda bahwa dua bulan lagi kita umat islam semua akan menjumpai bulan suci Ramadhan. Puasa bulan rejab dan puasa bulan sya'ban mengawali puasa wajib di bulan Ramadhan.

Banyak keutamaan-keutamaan dan hikmah menjalankan ibadah puasa sunnah dibulan rajab ini, dua diantaranya adalah "Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan rasanya lebih manis dari madu. Barangsiapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikaruniai minum dari sungai tersebut"

Niat Puasa Bulan Rajab

Banyak pendapat yang menganjurkan untuk menjalankan ibadah puasa di bulan-bulan haram, hal ini terbukti dengan adanya hadits dari Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam yang menunjukkan anjuran berpuasa pada bulan-bulan haram (Rajab dan tiga bulan haram lainnya) seperti dikutip dari Voa-Islam:
صُمْ مِنْ الْحُرُمِ وَاتْرُكْ
"Puasalah pada bulan-bulan Al Hurum (bulan Rajah, Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram, -Penerj.) dan hentikanlah (beliau mengucapkannya sebanyak tiga kali)." HR. Abu Dawud no. 2428 dan didhaifkan oleh Al-Albani dalam Dhaif Abi Dawud)

Berbuka Puasa ala Rasullulah

Lantas bagaimana bacaan lafadz niat puasa rajab ini? sebenarnya bacaan niat puasa ini cukup singkat namun terkadang masih ada beberapa orang yang lupa atau bahkan tidak tahu bagaimana doa niat puasa dibulan rejab ini. Nah disini Batu Media memberikan informasi yang Inshaa Allah sangat bermanfaat untuk pembaca, yaitu bacaan lafadz niat puasa rejab dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia, beserta terjemahannya dibawah ini:

Lafadz Niat Puasa Rajab

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَجَبْ سُنَّةً لِلِه تَعَالَى
Bahasa Indonesia: NAWAITU SAUMA SYAHRI RAJAB SUNNATAN LILLAHI TA’ALA
Artinya: “Saya niat puasa bulan Rajab, sunnah karena Allah ta’ala”

Berbicara mengenai puasa sunnah, kita sudah mengenal banyak sekali macam-macam puasa sunnah dalam agam islam yang biasa kita jalankan seperti puasa bulan dzulhijjah, puasa bulan syawal, puasa bulan dzulhijjah, puasa bulan rajab, puasa ayyamul bidh, puasa bulan safar, puasa nabi daud, puasa senin kamis, puasa weton dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kapan kita menjalankan puasa rejeb di tahun 2016 ini? Alhamdulillah bulan rajab kali ini bertepatan pada hari Sabtu tanggal 9 April 2016. Yuk kita berpuasa, jangan lupa ajak sahabat, teman, saudara, dan terutama keluarga kita tercinta untuk menjalankan puasa rajab kali ini, selamat berpuasa.

Baca juga: Doa Berbuka Puasa Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya
BAGIKAN:

+1