Pasar Wisata Songgoriti, Pusat Oleh-oleh di Batu!

Advertisement
Pasar Songgoriti - Pernah jalan-jalan ke Kota Malang? Pernah mampir ke Kota Batu? Hemm jika belum pernah mempir ke kota apel ini, lebih baik jangan mengaku pernah ke Malang dah. Kota Batu yang disebut juga sebagai Swiss-nya Jawa Timur memiliki beragam tempat wisata keren yang sayang untuk dilewatkan.

Ingin wisata alam? Ada, malah kota ini tempatnya wisata alam
Ingin wisata modern? Lengkap banget, mau yang seperti apa juga ada
Ingin menginap dengan biaya murah? Cari aja villa kamaran, mulai dari 125ribu permalam
Ingin belanja oleh-oleh khas Kota Batu? Nah langsung aja ke Pasar Wisata Songgoriti!

Ok kita akan bahas satu persatu secara singkat ya. Berbicara mengenai wisata alam, Kota Batu merupakan tempat yang paling menarik untuk di kunjungi, beberapa wisata alam yang ditawarkan oleh kota di ketinggian 700-1100 meter diatas permukaan laut ini adalah wisata air panas Cangar, air terjun Coban Rondo yang terkenal dengan taman labirin-nya dan tempat untuk kemah serta bukit klemuk dengan pesona panorama yang indah diatas bukit, sambil melihat wisatawan dan para atlet untuk latihan terbang bersama paralayang kesayangan mereka.

Pintu Masuk Songgoriti

Untuk wisata modern bagaimana? apa saja tempat wisata modern yang ada di Kota Batu? Heem kalau untuk urusan yang satu ini, Kota Batu memang tempatnya, nama-nama seperti Jawa Timur Park (Jatimpark 1 dan 2), Museum Satwa, Batu Secret Zoo, BNS (Batu Night Spectacular), Museum Angkut Movie Star, dan yang terbaru adalah Museum Tubuh yang berada dalam satu komplek dengan Jatimpark 1.

Untuk urusan menginap, tidak perlu dipermasalahkan. Terkadang orang bingung untuk menginap dimana ketika sudah kemalaman dijalan. Nah jika harga hotel dirasa cukup mahal, lain halnya dengan villa. Di Kota Batu banyak sekali rumah peristirahatan seperti homestay, guesthouse dan villa kamaran yang bisa disewa hanya semalam saja. Biayanya juga cukup murah, mulai dari 125 ribu hingga 300 ribu perkamar/malam juga ada.

Pasar SonggoritiStan Jual Baju di Songgoriti

Selanjutnya kita masuk kepada tema inti kali ini, yaitu Pasar Wisata Songgoriti. Kalau ke Kota Batu tanpa membeli oleh-oleh, rasanya seperti ada yang kurang, karena oleh-oleh merupakan hal wajib yang harus dibawa setelah bepergian keluar kota untuk berlibur. Nah di Batu ada satu kawasan penjual oleh-oleh yang sangat terkenal, namanya adalah Pasar Wisata Songgoriti.

Konsep yang ditawarkan oleh pasar ini hampir mirip dengan Pasar Seni Sukowati yang ada di Bali, namun disini Anda tidak akan bisa nawar "sesadis" yang ada di Pasar Sukowati. Jika disana barang yang ditawarkan bisa ditawar habis hingga 60% lebih, di Pasar Songgoriti ini justru Anda jarang menemukan barang yang bisa ditawar hingga 60%, karena memang pasar ini sudah terkenal sebagai pasar murah.

Selain terkenal dengan barang-barang yang murah, Pasar Songgoriti juga terkenal dengan berbagai macam produk yang ditawarkan, tidak hanya menjual buah dan sayuran yang merupakan asli oleh-oleh khas Batu, disini juga tersedia berbagai macam oleh-oleh seperti souvenir, perlengkapan dapur, baju, dan hewan-hewan lucu seperti hamster dan kelinci.

Penjual Kelinci di SonggoritiJual Alat Dapur di Songgoriti

Pasar ini menjadi jujukan para wisatawan yang ingin berbelanja buah tangan, berbeda dengan psar tradisional yang terkesan kumuh, jorok dan berbau, di Pasar Songgoriti Anda tidak akan menemui hal seperti itu. Konsep pasar tradisional masih dipertahankan pasar ini sejak dari jaman berdirinya. Anda bisa tawar menawar harga sesuka harti, namun ada beberapa barang yang tidak bisa ditawar, seperti camilan (dengan hanya 10 ribu saja bisa mendapatkan 4 item, pilih-pilih sesukanya).

Galeri 15 Foto Pasar Songgoriti Kota Batu

Stan Jual Buah Apel di Batu

Pintu Keluar Pasar Songgoriti
Stan Makanan di Songgoriti

Stan Jual Boneka di Songgoriti

Stan Jual Kelinci di Songgoriti

Stan Jual Mainan di Songgoriti

Stan Jual Souvenir di Songgoriti

Stan di Pintu Masuk Tirta Nirwana

Pintu Masuk 1 Pasar Songgoriti

Pintu Masuk 2 Pasar Songgoriti

Stan Dadalala.com di Songgoriti

Stan Camilan di Pintu 2 Pasar Wisata Songgoriti

Pasar Songgoriti terletak sekitar 5 kilometer arah barat alun-alun Kota Batu. Lokasi pasar wisata ini terletak persis dibawah kaki bukit gunung klemuk yang sering digunakan untuk event paralayang dan juga downhill standar nasional maupun internasional. Jadi selain bisa menikmati belanja oleh-oleh, Anda juga bisa menikmati pemandangan para atlet maupun wisatawan yang sedang terbang menggunakan paralayang mereka.

Bagi yang ingin menginap di kota dingin ini tidak usah khawatir karena kawasan Songgoriti merupakan kawasan penginapan berupa homestay, hotel dan villa. Untuk emndapatkan harga penginapan murah di daerah ini, usahakan untuk melakukan booking jauh-jauh hari. Sama halnya dengan villa dan homestay yang ada di daerah dekat BNS, harga villa di daerah kawasan Songgoriti ini juga melonjak tinggi pada musim high season seperti lebaran, natal dan tahun baru.

Tirta Nirwana Songgoriti

Halaman Parkir Mobil Tirta Nirwana

Wisata Sepeda Air Songgoriti

Berlibur menikmati wisata alam khas pegunungan, menikmati bermalam dengan suasana yang sangat dingin, dan juga memborong oleh-oleh khas Kota Batu serta mendapatkan bonus menikmati pemandangan bukit klemuk dengan aktifitas paralayangnya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin menikmati Kota Batu lebih lama. Selamat berlibur!
BAGIKAN:

+1