Cek Resi JNE Paket YES, OKE, REG Beserta Penjelasannya

Advertisement
Cek Resi JNE - Gimana sih cara cek tarif JNE secara online melalui internet dan SMS? Bagaimana cara tracking nomor resi JNE secara online? Apa penjelasan dan arti dari istilah Manifested, On Transit, Received On Destination Tracking, Delivered, Criss Cross, Closed Once Delivery Attempt yang ada ketika kita cek resi JNE?

Apa arti dari istilah No.AWB, Service, Destination, Consignee, Date Received, Receiver, Status Delivered, Origin, Shipper, Outbond? Apakah cek ongkir dan cek nomor resi di Batumedia.com ini terpercaya?

Diatas adalah pertanyaan yang sering kali mampir ke email salah satu "saudara" dari Batu Media yaitu Dadalala.com, sebagai toko online yang hampir 95% pengirimannya dilakukan menggunakan jasa ekspedisi, Dadalala sering mendapatkan pertanyaan yang hampir serupa setiap hari.

Mobil JNE

Untuk itulah Batu Media berinisiatif untuk memberikan kemudahan dan pengetahuan mengenai seluk beluk dunia pengiriman paket dengan cara menggunakan nomor resi sebagai pijakan untuk tracking (mengetahui status keberadaan paket) secara real time dengan menggunakan media internet (kedepan juga memungkinkan untuk menggunakan fasilitas SMS)
Advertisement

Ok, langkah pertama untuk cek resi JNE secara online cukup mudah, cukup masukkan nomor resi yang telah Anda dapat dari tempat Anda membeli barang. Nomor resi adalah sebuh nomor yang diberikan oleh pihak JNE sebagai tanda bukti bahwa paket sudah diterima dan siap untuk dikirimkan. Berapa digit sih nomor resi JNE? Biasanya nomor resi JNE sebanyak 16 digit!

  • Bagaimana cara mengetahui nomor resi JNE palsu?
Pada dasarnya tidak ada nomor resi JNE yang palsu! No resi yang diterbitkan oeh JNE sudah terintegrasi dengan server pusat JNE. Jika pada suatu waktu ketika Anda cek nomor resi dan tidak ditemukan data yang valid, maka itu artinya bukan kesalahan dari pihak JNE, bisa jadi Anda salah menginput nomor kedalam kolom diatas.
  • Apa arti tulisan Mohon Maaf Data Tidak Ditemukan?
Pada beberapa kasus ketika Anda mengecek nomor resi Batu Media ini terdapat pesan "Mohon Maaf Data Tidak Ditemukan", apakah itu? Artinya adalah nomor yang Anda masukkan salah! sekali lagi, kesalahan tersebut bukan dari JNE. Ketika Anda membeli barang secara online, dan kemudian diberikan nomor resi oleh penjual bisa jadi kesalahan juga terdapat di penjual. Ilustrasinya seperti ini:

» Nomor resi yang diberikan penjual salah
» Nomor resi yang diberikan palsu
» Anda salah memasukkan nomor resi ketika tracking
  • Bagaimana jika nomor resinya hilang?
Sebagai pembeli, ketika nomor resi hilang maka bisa meinta kembali kepada penjual. Sedangkan sebagai penjual, ketika nomor resi Anda hilang maka akan sangat susah untuk cross check kembali ke JNE, bahkan pada beberapa kasus agen maupun kantor cabang tidak dapat membantu untuk cross check kembali.

NB: Simpan baik-baik nomor resi Anda, jangan sampai hilang!
  • Apakah semua nomor resi hanya berbentuk angka semua?
Tidak semua nomor resi berbentuk angka, nomor resi JNE terdiri dari angka dan huruf yang menandakan kode wilayah tempat asal paket dikirimkan. Sebagai contoh seperti ini MXGBE00094056015, MXGBE merupakan kode wilayah untuk area Kota Wisata Batu dan akan berbeda-beda menurut wilayah masing-masing.

Maksud dan Arti Hasil Cek Resi JNE

  • No.AWB adalah nomor RESI anda.
  • Service : Penggunaan paket pengiriman (bisa OKE, REG, YES)
  • Destination : (Lokasi tujuan pengiriman, biasanya hanya berupa nama kota, Ex: JNE Jakarta)
  • Consignee : Penerima paket
  • Date Received : Waktu paket tersebut sampai di tangan konsumen
  • Receiver : Petugas pengantar paket dari JNE 
  • Status Delivered (terkirim), namun jangan panik jika statusnya belum terkirim karena hal ini hanya masalah keterlambatan waktu saja. Nah untuk mengetahui sampai dimana paket yang akan dikirimkan kepada anda. Silahkan klik pada No.AWB seperti yang saya kasi tanda panah di atas. Jika sudah anda klik maka akan mendapti tampilan seperti ini:
Cek Resi JNE Online
Nah lho artinya apa itu? Hahaha. Ok bagi yang masih saja belum paham, akan dijelaskan secara singkat aja disini. Karena artinya kurang lebih sih sama seperti yang diatas. Karena artinya sama, saya hanya akan memberikan pengertian yang sedikit berbeda saja seperti:
  • Origin : Alamat si pengirim paket
  • Shipper : Nama pengirim
  • Outbond : Adalah waktu dan lokasi paket saat di cek no resinya via online di internet. Oh iya arti Received On Destination itu adalah paket sampai pada agen tujuan, jadi belum tentu nyampe ke tangan penerima. Tapi tenang aja biasanya kurang dari 12 jam paket pasti nyampe di tangan.
Bagaimana? cukup lengkap bukan penjelasan mengenai cara cek nomor resi JNE secara online melalui internet ini? pasti sudah paham dunk. Kan sudah diberikan penjelasan arti dari hasil pencariannya. Tapi kalau masih belum paham silahkan ditanyakan via kotak komentar di bawah ya. Semoga bermanfaat. ^_^
BAGIKAN:

+1